Manajemen data riset penting, UI beri edukasi

id perpustakaan UI,universitas indonesia,perpustakaan digital,data riset digital,penyimpanan riset digital,brin

Manajemen data riset penting, UI beri edukasi

Guru Besar Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Ario Sunar Baskoro, S.T., M.T., M.Eng., (berkemeja batik) serta Direktur Repositori Multimedia dan Penerbitan Ilmiah, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Zaenal Akbar, M.Kom., Ph.D. (kedua dari kanan) berfoto bersama moderator dan Kepala Perpustakaan UI Mariyah, M.Hum (ANTARA/HO: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) memberikan edukasi tentang pentingnya manajemen data riset dalam mendukung kemajuan ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas riset di lingkungan akademik.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI  Prof Abdul Haris, di Depok, Jawa Barat, Rabu mengatakan perpustakaan bukan hanya tempat penyimpanan informasi, melainkan juga pangkalan bagi pertukaran ilmu pengetahuan, repositori (penyimpanan digital), dan berbagai fasilitas lainnya, yang berperan dalam mengembangkan riset.

"Untuk itu perlu sinergi antara perpustakaan, akademisi, dan komunitas akademik, dalam mengoptimalkan peran perpustakaan di perguruan tinggi guna mendukung kemajuan ilmu pengetahuan," ujarnya.

Guru Besar Fakultas Teknik UI Prof  Ario Sunar Baskoro mengatakan perpustakaan dapat menyimpan, mengatur, dan mendokumentasikan data riset melalui sistem Research Data Management (RDM).



Langkah ini diambil untuk memastikan data penelitian tersedia dan dapat diakses oleh peneliti lain pada masa depan.

"Saat ini tersedia banyak platform RDM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, misalnya yang banyak digunakan adalah Google Drive," katanya.

UI menggunakan One Drive untuk kepentingan kolaborasi dan menggunakan Ms Teams. Perpustakaan digital, lanjutnya,  juga membantu repositori.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perpustakaan UI beri edukasi manajeman data riset untuk masa depan