Dukung Palestina, Reality Club tak jadi tampil di Festival SXSW AS

id Reality club,sxsw,palestina

Dukung Palestina, Reality Club tak jadi tampil di Festival SXSW AS

Band indie-rock Indonesia Reality Club. (ANTARA/HO-Secret Signals

Jakarta (ANTARA) - Band indie-rock Reality Club asal Indonesia secara resmi mengumumkan batal tampil di South by Southwest Music Festival (SXSW) yang diselenggarakan di Austin, Texas, Amerika Serikat sebagai bentuk dukungan pada negara Palestina.

Dalam pernyataan resmi yang diunggah langsung melalui akun instagram mereka pada Kamis (14/3), Reality Club menyatakan alasan mereka memilih mundur untuk tampil adalah adanya informasi soal tentara Amerika Serikat yang telah menjadi salah satu sponsor acara, berpartisipasi dalam memproduksi dan memasok senjata yang digunakan untuk melawan warga Palestina.

Keputusan diambil setelah melalui banyak pertimbangan dan perbincangan antara pihak mereka dengan penyelenggara.



Reality Club turut mengaku keputusan tersebut tidak mudah untuk diambil, sebab tampil di acara bergengsi itu merupakan salah satu impian para anggota sejak lama.

“Kenangan terbaik kami bersama sebagai sebuah band adalah ketika kami mendapat undangan pertama untuk hadir pada tahun 2020, sebelum dibatalkan karena pembatasan COVID-19. Ketika kami diundang lagi pada tahun 2024, kami menjadwalkan tur seluruh Amerika Utara di sekitar festival,” ujar mereka.

Walaupun demikian, para anggota mengaku lebih memilih untuk mengikuti hati nurani mereka untuk membatalkan penampilan karena tidak ingin dikaitkan dengan organisasi yang terlibat dalam genosida di Palestina.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Reality Club batal tampil di Festival SXSW AS demi Palestina
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024