Eropa beli senjata dari pasar dunia untuk Ukraina

id Jerman,Prancis,Polandia,Ukraina,militer

Eropa beli senjata dari pasar dunia untuk Ukraina

Kanselir Jerman Olaf Scholz (kiri) menyambut Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) dan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk (tengah) saat mereka memeriksa penjaga kehormatan di Gedung Kanselir di Berlin, Jerman, 15 Maret 2024. (ANTARA/Anadolu)

Berlin (ANTARA) - Kanselir Jerman Olaf Scholz, Jumat (15/3), mengumumkan bahwa negara-negara Eropa akan membeli senjata dari pasar dunia untuk mendukung perang Ukraina terhadap Rusia.

Berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Polandia Donald Tusk di Berlin, Scholz mengatakan bahwa masyarakat Eropa bersatu dan bertekad untuk melanjutkan dukungan mereka terhadap Ukraina.

"Hari ini kami telah menyepakati beberapa poin penting, dan mulai sekarang kami akan membeli lebih banyak senjata untuk Ukraina, membelinya di pasar dunia, itu merupakan kemajuan yang baik," kata Scholz kepada wartawan.

"Yang kedua, produksi peralatan militer akan diperluas, juga melalui kerja sama dengan mitra di Ukraina. Dan ketiga, sebagai bagian dari format Rammstein, kami membentuk koalisi kemampuan baru untuk artileri roket jarak jauh," ujarnya.

Pertemuan Pangkalan Udara Ramstein, yang menjadi cikal bakal format Rammstein, merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat yang berlangsung pada 26 April 2022 di Pangkalan Udara Ramstein di Jerman.

Tujuan pertemuan tersebut adalah untuk membahas invasi Rusia ke Ukraina, khususnya kemampuan pertahanan Ukraina, serta berupaya untuk mengoordinasikan dukungan lebih lanjut kepada Ukraina, termasuk setelah perang.



Keamanan Eropa
Presiden Prancis Macron menekankan bahwa "keamanan dan masa depan Eropa juga dipertaruhkan di Ukraina," dan menambahkan bahwa Prancis, Jerman dan Polandia akan tetap bersatu dalam mendukung Ukraina.

Menyoroti pentingnya inisiatif konkret yang mereka yang ajukan saat ini, Macron mengatakan negara-negara Eropa akan bekerja sama untuk membeli amunisi dari negara ketiga untuk dikirim ke Ukraina, jika diperlukan.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jerman: Eropa akan beli senjata dari pasar dunia untuk Ukraina
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024