Prancis mencegat 'drone'-rudal Iran di atas Yordania

id Prancis, Drone, Rudal, Iran, Yordania, Amman

Prancis mencegat 'drone'-rudal Iran di atas Yordania

Foto yang diambil pada 14 April 2024 ini memperlihatkan ledakan di langit Yerusalem ketika sistem antirudal Israel, Iron Dome, mencegat peluru-peluru kendali dan 'drone' dari Iran. ANTARA/Jamal Awad/ Xinhua

Tunis (ANTARA) - Prancis, atas permintaan pemerintah Yordania, mencegat drone (pesawat tanpa awak) serta rudal Iran di wilayah udara Yordania selama serangan Iran terhadap Israel, kata Kementerian Luar Negeri Prancis pada Kamis (18/4).

Wakil juru bicara Kemenlu Prancis Christophe Lemoine mengungkapkan langkah Prancis itu ketika menanggapi pertanyaan selama konferensi pers mingguan.

"Prancis mencegat rudal dan drone Iran yang awalnya menargetkan Israel pada malam hari dari Sabtu hingga Minggu, atas permintaan Yordania," kata Lemoine.

"Kami memiliki pangkalan udara di Yordania, dan wilayah udara Yordania dilanggar oleh tembakan-tembakan ini. Ini yang disampaikan presiden republik ini, jadi saya menggunakan kata-katanya," ujarnya.

"Kami berkomitmen pada keamanan Israel. Namun dalam hal ini, pencegatan rudal dan drone ini dilakukan atas permintaan Yordania, yang wilayah udaranya dilanggar," katanya, menambahkan.

Iran pada Sabtu (14/4) meluncurkan serangan udara terhadap Israel sebagai balasan atas serangan udara pada 1 April ke fasilitas diplomatiknya di ibu kota Suriah.



Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prancis cegat 'drone', rudal Iran di atas Yordania