BawasIu: Rekapitulasi suara di 33 provinsi lancar

id Bawaslu RI,Lolly Suhenty,Rekapitulasi Nasional,pemilu,pirpres,pemilu 2024

BawasIu: Rekapitulasi suara di 33 provinsi lancar

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty saat memberikan keterangan di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (18/3/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Lolly Suhenty mengatakan bahwa rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional untuk 33 provinsi yang dilaksanakan sejak Sabtu (9/3) hingga Minggu (17/3) berjalan dengan lancar.

"Ya, catatan dari Bawaslu sejauh ini acara rekapitulasi berjalan dengan cukup baik ya, cukup lancar," kata Lolly di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin.

Lolly menjelaskan rekapitulasi berjalan lancar ketika pihak-pihak yang merasa belum mendapatkan keadilan dalam forum rekapitulasi suara tetap menempuh jalur hukum dengan mengajukan pelanggaran administrasi ke Bawaslu.

"Jadi, ini kan harus diapresiasi sebagai sebuah langkah yang memang harus ditempuh oleh mereka untuk memastikan semua hal yang mereka inginkan itu pada jalur yang tepat," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa saat ini terdapat laporan pelanggaran administrasi yang sedang berproses di Bawaslu.

"Ada beberapa perkara yang kemudian menyampaikan keberatan ditindaklanjuti dengan melakukan pelaporan, baik administrasi yang sifatnya administrasi cepat maupun administrasi biasa. Ini sekarang sedang berproses semua di Bawaslu, termasuk nanti malam kami akan melakukan proses sidang dalam konteks agenda pembuktian, ya, sebagai teradunya adalah KPU RI," katanya.

Ia menyebut Bawaslu menerima lebih dari satu laporan terkait proses rekapitulasi. Namun demikian, lanjut dia, laporan tersebut ada yang ditangani langsung oleh Bawaslu RI maupun tidak.



"Misalnya, yang terlapor-nya itu di tingkatan KPU Kabupaten/Kota, misalnya, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), itu tentu kami harus limpahkan kepada provinsi. Akan tetapi, yang terlapor-nya adalah KPU RI ditangani secara langsung oleh Bawaslu RI," ujarnya.

Lolly menjelaskan pihaknya telah menerima dua laporan dengan terlapor KPU RI. Sementara itu, jadwal persidangan terdekat mengenai hal tersebut akan dilaksanakan Bawaslu RI pada Senin ini, pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan "Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional" yang dilakukan KPU RI pada Rabu (28/2) hingga Senin (4/3), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 427.871 suara di 128 wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bawaslu sebut rekapitulasi 33 provinsi berjalan lancar