Kualitas SDM industri hijau ditingkatkan wujudkan NZE

id Kemenperin, industri hijau, NZE,Sdm industri

Kualitas SDM industri hijau ditingkatkan wujudkan NZE

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Masrokhan (ANTARA/HO-Kemenperin)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di sektor industri hijau guna mewujudkan nol emisi karbon atau net zero emissions (NZE) nasional 10 tahun lebih cepat yakni di tahun 2050.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan di Jakarta, Senin mengatakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di industri hijau yang memanfaatkan energi terbarukan itu diwujudkan melalui institusi pendidikan yang dikembangkan pihaknya.

"Untuk mendorong peningkatan kualitas SDM industri lulusan Kemenperin, kami mendorong para mahasiswa mendalami lebih lanjut mengenai penerapan industri hijau,” katanya.

Menurut Masrokhan, hasil dari komitmen dalam peningkatan SDM di industri hijau tersebut dapat dilihat dari mahasiswa Politeknik Akademi Teknik Industri (ATI) Makassar yang telah melakukan riset dengan karya tulis ilmiah berjudul Produksi Silika dalam Peningkatan Nilai Tambah Produk Penggilingan Padi.

Karya tulis itu berhasil memenangkan juara tiga pada lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional - Hasanuddin Techno Fest #8 dengan tema Renewable Energy for National Prosperity pada 8 Maret 2024 lalu.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, prestasi itu sejalan dengan motto unit pendidikan yang dikelola oleh Kemenperin, yakni One Vocational Unit, One Great Achievement.

Dirinya menilai motto ini harus konsisten diimplementasikan oleh seluruh unit kerja di lingkungan BPSDMI Kemenperin, supaya setiap tahun dapat menghasilkan dan melaporkan satu great achievement atau pencapaian yang besar.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin dorong peningkatan SDM industri hijau guna wujudkan NZE
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024