Generasi muda harus jadi bagian ekosistem ketenagakerjaan Indonesia

id pasar kerja,siapkerja,ketenagakerjaan,kemnaker

Generasi muda harus jadi bagian ekosistem ketenagakerjaan Indonesia

Menaker Ida Fauziyah dalam acara Talent Talks di Jakarta, Minggu (24/3/2024). (ANTARA/HO-Kemnaker)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyebut keberadaan Pusat Pasar Kerja sebagai jawaban persoalan link and match dan ekosistem digital ketenagakerjaan serta mengajak generasi muda termasuk generasi milenial dan Z menjadi bagian dari ekosistem itu.

Dalam keterangan di Jakarta, Minggu, Menaker mengatakan isu link and match atau kecocokan kompetensi dan kebutuhan industri serta ekosistem digital ketenagakerjaan merupakan keharusan menghadapi era revolusi digital 4.0.

"Pemerintah melalui Pusat Pasar Kerja ini, pemerintah ingin menjadi mak comblang. Kami benar-benar ingin menjadi mak comblang. Kadang jodoh itu butuh pihak ketiga," kata Menaker Ida pada Talent Talks di Jakarta, Minggu.

Dalam acara yang mengusung tema "Iman in Charge" dan dihadiri oleh peserta mencapai 600 orang itu, Menaker mengaku prihatin setiap ada kabar mengenai pencari kerja menjadi korban penipuan pihak-pihak tidak bertanggung jawab melalui portal berkedok lowongan pekerjaan. Biasanya, korban dijanjikan akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar.

"Kita tidak ingin seperti itu. Maka pemerintah memiliki kewajiban memfasilitasi menjadi mak comblang antara pemberi kerja dan pencari kerja," jelasnya.

Untuk itu, dia mengajak para peserta Talent Talks yang didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z ini untuk menjadi bagian dari ekosistem ketenagakerjaan yang dibangun Kemnaker.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker ajak generasi muda jadi bagian ekosistem ketenagakerjaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024