Waspadai penyakit kronis kambuh saat Idul Fitri

id lebaran, penyakit lebaran, idulfitri 2024

Waspadai penyakit kronis kambuh saat Idul Fitri

Ilustrasi makanan berkolesterol tinggi (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) -
Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam mengatakan masyarakat harus mewaspadai penyakit kronis yang bisa timbul kembali pada minggu pertama lebaran karena tidak dikontrol seperti saat berpuasa.

Ari mengatakan penyakit kronis yang bisa timbul kembali antara lain tekanan darah yang tidak terkontrol, kolesterol yang meningkat, asam urat, kencing manis karena gula darah berlebih dan sakit maag yang bisa kambuh.

“Bisa saja kambuh dalam sehari dua hari saat lebaran, oleh karena itu ini yang harus kita antisipasi supaya penyakit kronis ini tidak kambuh,” kata Ari dalam wawancara daring dengan ANTARA, Kamis.

Ia mengatakan penyakit kronis tersebut seharusnya sudah bisa terkontrol karena berpuasa, yang mengharuskan kita makan di jam teratur dan mengurangi kebiasaan makan berlebihan. Sebagian besar pasien pun menurutnya mengalami perbaikan pada penyakit maag-nya karena berpuasa.

Untuk mencegah penyakit tersebut kambuh, Ari menyarankan untuk pandai memilih makanan yang dihidangkan saat lebaran dan jangan mengonsumsinya secara berlebihan seperti menghindari makanan yang terlalu asin.

“Di satu sisi saya ingatkan harus tetap mengonsumsi sayur dan buah karena ini bisa mengurangi penyerapan kolesterol di usus halus, selain itu serat dari sayur dan buah ini bisa membuat buang air besar lancar,” katanya. 


 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Waspadai penyakit kronis kambuh di minggu pertama lebaran