Gunung Semeru, Lumajang, Jatim, erupsi empat kali

id pvmbg,gunung semeru,gunung semeru meletus,erupsi gunung semeru,gunung meletus,abu vulkanik semeru

Gunung Semeru, Lumajang, Jatim, erupsi empat kali

Kolom abu vulkanik membumbung akibat akibat erupsi yang terjadi pada Gunung Semeru di Jawa Timur, Kamis (25/4/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur mengalami empat kali erupsi dan melontarkan abu vulkanik dengan ketinggian antara 800 hingga 1.000 meter di atas puncak gunung berapi kerucut tersebut.
 
Sebanyak empat kali erupsi itu terjadi hari ini dalam rentang waktu pukul 00.15 hingga 08.34 WIB.
 
"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Erupsi dini hari yang terjadi pukul 00.15 WIB memiliki ketinggian abu vulkanik sejauh 800 meter mengarah ke tenggara dan selatan. Lalu, erupsi kedua berlangsung pada pukul 02.34 WIB dengan ketinggian abu 800 meter menuju ke arah barat daya.


 
Pada 06.35 WIB, erupsi kembali terjadi dengan ketinggian abu mencapai 900 meter juga mengarah ke barat daya. Kemudian, erupsi keempat tercatat pada pukul 08.34 WIB dengan tinggi kolom letusan sejauh 1.000 meter ke arah selatan.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru erupsi empat kali, muntahkan abu hingga 1.000 meter
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024