Bantul meningkatkan kesadaran masyarakat jaga lingkungan hidup

id Hari Lingkungan Hidup ,Menjaga lingkungan hidup ,Tingkatkan kesadaran masyarakat

Bantul meningkatkan kesadaran masyarakat jaga lingkungan hidup

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu (5/6/2024). (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dengan tema 'Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan' sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah ini.

"Tema ini menjadi penting, karena harapannya dengan acara ini, selain memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, juga untuk meningkatkan kesadaran dan aksi individu masyarakat menjaga melindungi lingkungan hidup," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul Bambang Purwadi di sela peringatan di Bantul, Rabu.

Selain itu, kata dia, peringatan Hari Lingkungan Hidup dalam upaya mendukung program Bantul yaitu Bantul Bersih Sampah Tahun 2025 (Bantul Bersama) tersebut juga bertujuan memperkuat partisipasi kesadaran publik dalam upaya pengelolaan lingkungan.

"Utamanya mengedukasi masyarakat tentang isu lingkungan yang terkini, yang kita hadapi saat ini utamanya mengalami kebijakan desentralisasi pengelolaan sampah di Bantul," katanya.

Dia mengatakan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 dirangkai dengan kegiatan penyerahan penghargaan untuk sekolah Adiwiyata, penyerahan bantuan motor roda tiga untuk kelompok masyarakat dalam mendukung pengelolaan sampah di Bantul.

"Selain itu, penyerahan ember tumpuk secara simbolis untuk komposter, harapannya nanti sampah-sampah tersebut selesai di tingkat kelurahan, bahkan di rumah untuk sampah organik, sementara sampah non organik kita proses di TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu)," katanya.

Bambang juga mengatakan, ada kegiatan strategis lain yang dilakukan Pemkab Bantul dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup, di antaranya melakukan pendampingan proklim (program kampung iklim), dan membentuk kampung mandiri pengolahan sampah.

"Kami juga mendorong bank sampah yang saat ini berjumlah 280 terus tumbuh. Harapannya dengan tema puncak Hari Lingkungan Hidup ini menjadi upaya upaya kita untuk terus mendorong masyarakat menjaga lingkungan," katanya.

Pemkab Bantul juga menanam pohon penghijauan di beberapa kecamatan di wilayah Bantul, di antaranya di Pajangan, Jetis, Sedayu, Imogiri, Kasihan, Pundong, Piyungan dan Bambanglipuro, dengan total 4.171 batang.*