MotoGP Belanda merayakan "ngebut" ke-75 di Assen

id Motogp belanda,motogp assen,motogp belanda 2024,motogp 2024,motogp

MotoGP Belanda merayakan "ngebut" ke-75 di Assen

Ilustrasi - Alsi sejumlah pembalap MotoGP. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc/aa.

Jakarta (ANTARA) - Putaran kedelapan dari MotoGP musim 2024 akan berlanjut melalui Grand Prix Belanda yang digelar di Sirkuit TT Assen untuk ke-75 kali sejak diselenggarakan perdana pada tahun 1949.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Selasa, sirkuit ini hanya satu kali absen dalam menyelenggarakan grand prix pada tahun 2020, saat pandemi COVID-19 melanda dunia dan memaksa acara dengan banyak orang untuk ditunda.

Jelang MotoGP Belanda, sejumlah berita penting dan mengejutkan terjadi. Salah satunya adalah Marco Bezzecchi yang memutuskan untuk hengkang dari tim satelit Ducati, Pertamina Enduro VR46, ke tim pabrikan Aprilia Racing selama setidaknya dua musim.

Bezzecchi akan menjadi rekan satu tim dari pemimpin klasemen sementara, Jorge Martin (Prima Pramac), pada dua musim mendatang.
 

Bursa pembalap juga semakin memanas dengan tim pabrikan Ducati Lenovo yang mengonfirmasi kursi dari juara bertahan Francesco Bagnaia dan juara dunia delapan kali Marc Marquez (Gresini Racing) pada musim 2025, yang diumumkan pada awal bulan ini.

Assen akan menjadi pembuktian dari para pemimpin klasemen musim ini yakni Martin, Bagnaia, dan Marquez, bahwa mereka memang layak untuk berada di dalam jajaran pembalap di tim pabrikan musim depan.

Terutama bagi Marquez, yang masih belum membukukan satu kemenangan pun selama musim 2024, memiliki potensi untuk mengumpulkan lebih banyak poin. Ini karena karakter Sirkuit Assen yang bisa dibilang sesuai untuk motor keluaran Ducati.
 

Dengan kursi yang penuh di tim pabrikan Ducati dan Aprilia untuk musim depan, maka Enea Bastianini dan Maverick Vinales harus mencari tunggangan baru. Kedua pembalap ini pun kompak memilih tim satelit Red Bull KTM Tech3 untuk tahun 2025.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: MotoGP Belanda rayakan balapan ke-75 di Assen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024