AS minta Israel lindungi pekerja kemanusiaan di Gaza Palestina

id Menteri Luar Negeri AS AntonyBlinken,Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant,jalur gaza

AS minta Israel lindungi pekerja kemanusiaan di Gaza Palestina

Foto arsip - Menlu Amerika Serikat Antony John Blinken hadir dalam Pertemuan Ke-13 Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (EAS FMM) di Jakarta, Jumat (14/7/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU/am.)

Washington (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menegaskan perlunya Israel melakukan langkah-langkah tambahan untuk melindungi pekerja kemanusiaan di Jalur Gaza.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant di Washington D.C. pada Senin (24/6), Blinken membahas upaya yang sedang berlangsung guna mencapai gencatan senjata di Gaza.

Usulan gencatan senjata yang didukung AS mencakup pembebasan semua warga Israel yang disandera kelompok Palestina, Hamas, dan meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Blinken memberi tahu Gallant tentang upaya diplomatik yang sedang berlangsung untuk memajukan keamanan, tata kelola, dan rekonstruksi di Gaza selama periode pascakonflik dan menekankan pentingnya upaya itu bagi keamanan Israel.

"Ia juga menggarisbawahi pentingnya menghindari eskalasi konflik lebih lanjut dan mencapai resolusi diplomatik yang memungkinkan keluarga Israel dan Lebanon untuk kembali ke rumah mereka," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam sebuah pernyataan.

Gallant saat ini sedang mengunjungi AS untuk berunding dengan para pejabat pemerintah Amerika tentang konflik Gaza.

Secara terpisah, Gallant juga mengadakan pembicaraan dengan utusan AS Amos Hochstein untuk membahas langkah menuju "Fase C" dari perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.


Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: AS desak Israel untuk lebih melindungi pekerja kemanusiaan di Gaza
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024