Perjuangan belum selesai, Komisi A DPRD DIY ajak masyarakat terus kawal putusan MK

id Eko

Perjuangan belum selesai, Komisi A DPRD DIY ajak masyarakat terus kawal putusan MK

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Desakan masyarakat dan dukungan atas putusan Mahkamah Konstitusi berkaitan dengan aturan pilkada harus terus dikawal bersama. 

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menyatakan kuatnya suara rakyat dan mahasiswa agar Pemerintah dan DPR mendengar dan patuhi putusan Mahkamah Konstitusi 

"Mahasiswa dan rakyat bergerak serempak, bersuara pastikan putusan Mahkamah Konstitusi dijalankan. Komisi A DPRD DIY berikan dukungan  untuk itu dan turut mengawal proses demokrasi sesuai konstitusi. Perjuangan belum selesai. Kita ajak mahasiswa dan masyarakat terus mengawal agar revisi UU Pilkada tidak dilaksanakan. Demikian juga mengawal agar konsultasi KPU ke DPR RI juga konsinyering tidak mengulang apa yang terjadi di Baleg saat bahas RUU Pilkada. Kita harus mengawal agar manuver menolak Putusan MK tidak terjadi lagi," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dsri Fraksi PDI Perjuangan, Sabtu, 24/8/2024.

Seperti diketahui, paska putusan MK Nomor 60/PUU-XXII/2024 tentang usia calon kepala daerah dan syarat pengajuan kepala daerah oleh partai politik, ada upaya manuver politik oleh DPR yang berupaya batalkan putusan Mahkamah Konstitusi dengan menggelar rapat panja baleg dan pengesahan RUU Pilkada. 

Merespon hal tersebut masyarakat sipil melakukan aksi massa di halaman DPR dan berbagai kota di tanah air. 

Termasuk aksi mahasiswa dan masyarakat di Malioboro yang menyuarakan kebenaran, menyuarakan perlawanan atas reviai ruu pilkada oleh Pemerintah dan DPR RI.

"Kita apresiasi gerakan mahasiswa, gerakan rakyat yang dengan gagah berani melawan keculasan, melawan nafsu yang mementingkan keluarga atau golongan diatas kepentingan bangsa negara. Demo kemarin mengingatkan kita bagaimana gerakan mahasiswa, gerakan rakyat pada era 1998," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. (*)