Partisipasi Pemilu Legislatif Kota Yogyakarta 75,8 persen

id pemilu

 Partisipasi Pemilu Legislatif Kota Yogyakarta 75,8 persen

Ilustrasi pelaksanaan Pemilu (Foto ANTARA/Dok)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Tingkat partisipasi pemilih di Kota Yogyakarta pada pelaksanaan Pemilu Legislatif 2014 mencapai 75,8 persen atau lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebesar 70 persen.

"Selain lebih tinggi dari target partisipasi pemilih di tingkat Kota Yogyakarta, partisipasi tersebut juga lebih tinggi 0,8 persen dari target nasional," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budianto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih yang melebihi target tersebut disebabkan upaya untuk menetapkan daftar pemilih yang baik, serta upaya sosialisasi yang dilakukan dengan cukup gencar.

KPU Kota Yogyakarta, lanjut dia, berupaya menyusun daftar pemilih dari pemilih yang benar-benar faktual sehingga bisa mengurangi jumlah pemilih tidak faktual.

"Sosialisasi yang dibantu oleh Relawan Demokrasi juga sangat membantu tingginya tingkat partisipasi pemilih pada pemilu tahun ini," tuturnya.

KPU Kota Yogyakarta berhasil menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Minggu (20/4) malam meskipun proses rekapitulasi untuk Kecamatan Wirobrajan dan Jetis sempat terhambat karena ada pencocokan administrasi jumlah pemilih.

"Tinggal melakukan tanda tangan berita acara rekapitulasi perolehan suara oleh seluruh saksi. Ada 4.000 lembar formulir yang harus ditandatangani," ucapnya.

Hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut akan menjadi dasar penyusunan ranking perolehan suara dari seluruh partai politik dan masing-masing calon anggota legislatif.

"Hari ini selesai dan akan langsung diserahkan ke KPU DIY," ujarnya.

Rapat pleno rekapitulasi penghitungam suara di tingkat DIY akan dilakukan pada Rabu (23/4)

  (E013)

 
Pewarta :
Editor: Regina Safrie
COPYRIGHT © ANTARA 2024