Pemkab Buton fokus pada pengembangan pariwisata

id pemkab buton fokus

Pemkab Buton fokus pada pengembangan pariwisata

Bangunan Kesultanan Buton (Foto id.wikipedia.org)

Kendari (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, fokus dalam pembangunan dan pengembangan sektor pariwisata daerah setempat.

Bupati Buton Syamsu Abdul Umar Samiun di Kendari, Selasa, mengatakan pihaknya berkonsentrasi pada pengembangan sektor pariwisata tersebut karena potensinya di wilayah Buton cukup besar.

"Selain pariwisata alam atau bahari, di Buton juga banyak memiliki peninggalan sejarah masa lampau dan tradisi budaya masyarakat unik. Peninggalan sejarah dan tradisi budaya masyarakat itu yang kini sedang kita gali dan kembangkan," katanya.

Menurut dia, Buton memiliki banyak situs peninggalan sejarah dan tradisi masyarakat yang unik, karena wilayah kabupaten tersebut pernah menjadi pusat keserajaan dan kesultanan Buton yang amat kesohor di penjuru dunia.

Oleh karena banyaknya situs peninggalan sejarah dan tradisi budaya masyarakat yang unik, kata dia, Kementerian Pariwisata dan Industri Ekonomi Kreatif telah menetapkan Buton sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional dan menjadi tujuan wisata dunia.

"Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memasukkan Buton dalam destinasi pariwisata nasional sejak 2013," katanya.

Pada tahun tersebut, kata dia, Buton menjadi salah satu tempat persinggahan peserta konvoi kapal-kapal mewah wisatawan mancanegara yang ikut Sail Komodo 2013.

"Pada Sail Morotai 2014 yang akan digelar pada Agutus mendatang, kapal-kapal mewah para wisatawan mancanegara juga dijadwalkan singgah di Buton," katanya.

(KR-ASA)