PDIP DIY targetkan menangi pilkada tiga kabupaten

id pdip diy targetkan

PDIP DIY targetkan menangi pilkada tiga kabupaten

PDIP

Jogja (Antara Jogja) - Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDIP DIY Bambang Praswanto menargetkan parpolnya memenangi pilkada yang akan berlangsung di tiga kabupaten pada 2015.

"Setelah memenangi pileg, dan pilpres, target kami berikutnya adalah memenangkan pilkada yang akan berlangsung di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman," kata Bambang kepada wartawan di Yogyakarta, Jumat.

Bambang mengatakan, mulai awal September 2014 hingga sebulan ke depan pihaknya telah melakukan penjaringan kader melalui dewan pimpinan cabang (DPC) di tiga kabupaten tersebut. Setelah terjaring beberapa bakal calon, akan dilanjutkan proses penyaringan di tingkat DPD, dan diputuskan di tingkat DPP.

Menurut dia, penjaringan bakal calon kepala daerah tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat, meskipun tetap diprioritaskan dari unsur kader partai. "Bisa saja dari luar kader meskipun nanti akan kami tempatkan untuk posisi wakilnya," kata dia.

Adapun kriteria bakal calon yang akan diajukan untuk berkompetisi dalam pilkada mendatang, menurut dia, selain memiliki kapabilitas, setidaknya memiliki potensi cukup besar dipilih rakyat. "Selain itu, yang paling penting harus bisa menerjemahkan program Jokowi-JK," kata Bambang.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan pihaknya akan tetap mengupayakan pelaksanaan pilkada secara serentak di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Sleman, meskipun Rancangan Undang-Undang Pilkada belum disahkan.

"Sementara ini untuk Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunung Kidul tetap kami upayakan serentak, meskipun kami sesuaikan lagi nanti apabila RUU Pilkada sudah disahkan di DPR," kata Hamdan.

Meski demikian, kata Hamdan, KPU DIY bersama KPU kabupaten juga secara rutin melakukan kajian bersama mengenai kemungkinan perubahan pelaksanaan pilkada pasca RUU Pilkada disahkan.

"Kemungkinan-kemungkinan perubahan itu tetap kita kaji, karena kami belum punya presidennya apabila pilkada dilakukan di DPRD, sebab semenjak KPU ada pilkada sudah dilakukan secara langsung," kata dia.

(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024