"Bathok Bolu" juara umum Karnaval Keprajuritan Nusantara

id bathok bolu juara

"Bathok Bolu" juara umum Karnaval Keprajuritan Nusantara

"Bregada Bathok Bolu" (Foto Humas Disbudpar Kabupaten Sleman)

Sleman (Antara Jogja) - "Bregada Bathok Bolu" asal Sambiroto Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman yang mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Karnaval Keprajuritan Nusantara 2014 di Taman Mini Indonesia Indah berhasil meraih Juara Umum atau Penyaji Terbaik sehingga berhak meraih Piala Bergilir dari Panglima TNI.

"Selain Piala Bergilir juga memperoleh uang pembinaan sejumlah Rp10 juta dari Manajemen Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Prestasi tersebut diperoleh setelah berlaga melawan provinsi lain se Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah,Minggu,12 Oktober 2014" kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Senin.

Menurut dia, keberhasilan "Bregada Bathok Bolu" dalam festival skala nasional tersebut merupakan keberhasilan kolektif yang patut dibanggakan sehingga menambah deretan prestasi yang diperoleh Kabupaten Sleman.

"Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran, kerjasama dan kerja keras dari berbagai pihak, diantaranya Disbudpar Sleman yang senantiasa memberikan penguatan, pemberdayaan dan fasilitasi kepada kelompok-kelompok seni budaya sehingga lebih berdaya dan berkualitas," katanya.

Ia mengatakan, selama pementasan yang menampilkan fragmen dengan judul "Mustikaning Katonggo" maupun kirab sejauh kurang lebih tiga kilometer kontingen Bregada "Bathok Bolu" memukau pengunjung yang memadati kawasan TMII Jakarta.

"Fragmen `Mustikaning Katonggo` menggambarkan cerita kepahlawanan Pangeran Ganti yang merupakan keturunan Hamengkubuwono IV, yang berjuang melawan berbagai binatang buas dan makhluk halus penghuni hutan Katonggo demi kesejahteraan rakyatnya," katanya.

Ayu mengatakan, kontingen Sleman yang mewakili DIY berhasil menyabet tiga piala penghargaan sekaligus yaitu Penyaji Atraksi Terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Tata Rias dan Busana Terbaik dari Kepala Pusat Sejarah Tentara Nasional Republik Indonesia dan Penyaji Unggulan dari Direktur Utama TMII.

"Dengan menyabet tiga piala dan dominasi penghargaan tersebut kontingen Sleman ini berhak menyandang sebagai Juara Umum atau Penyaji Terbaik dari Panglima TNI dan berhak atas piala bergilir dari Panglima TNI," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024