Pemkab Gunung Kidul gelar pameran produk industri

id pameran

Pemkab Gunung Kidul gelar pameran produk industri

Ilustrasi pameran UMKM (antarayogya.com)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar pameran produk industri meubel, olahan makanan, dan kerajinan selama Selasa-Kamis, 25-27 November 2014.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan ESDM (DisperindakopESDM) Gunung Kidul Hidayat di Gunung Kidul, Selasa mengatakan pameran ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait produk usaha kecil menengah (UKM).

"Produk yang dihasilkan oleh UKM masyarakat Gunung Kidul beragam. Pameran ini diharapkan memperkenalkan kepada masyarakat," kata Hidayat.

Ia mengatakan ada sekitar 58 sentra industri yang tersebar di Gunung Kidul dengan jumlah industri kecil dan menengah 20.671 unit usaha.

"Pameran ini diharapkan mampu meningkatkan semangat sentral industri dalam menghasilkan produk yang berkualitas," kata dia.

Selain pameran, kata Hidayat, kegiatan ini juga ditampilkan acara lomba lomba cindera mata, lomba ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kreatifitas masyarakat Gunung Kidul dalam hal ekonomi kreatif utamanya untuk produk cindera mata,

"Lomba cindera mata dimaksudkan untuk menemukan cindera mata berciri khas Gunung Kidul," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunung Kidul Imawan Wahyudi dalam sambutanya berharap para pengusaha selalu berinovasi dan selalu menjaga dan mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan.

Menurutnya perkembangan wisata yang terjadi di Gunung Kidul kedepan akan berpengaruh terhadap dunia industri.

"Perdagangan yang berbasis sumber daya alam, olahan pangan ini kedepan akan terangkat seiring berkembanganya wisata di Gunung Kidul. Kami berharap ini akan menjadi langah awal mensejahterakan masyarakat," kata Immawan.

Usai pembukaan simbolis dengan pemotongan pita oleh Immawan, acara dilanjutkan dengana peninjauan 30 stand pameran. Stand sebelah utara diisi oleh stand batu ukir dan kerajinan sangkar burung. Dipamerkan juga produk batik tancep, kerajinan pande besi, aneka makanan olahan rumahan, produk berbahan bambu dan aneka meubeler.

(KR-STR)