Dispar DIY bantu fasilitas Desa Wisata Nglanggeran

id nglanggeran

Dispar DIY bantu fasilitas Desa Wisata Nglanggeran

Desa wisata Nglanggeran dengan latar belakang Gunungapi purba Nglanggeran (Foto Antara/Mamiek)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta memberi bantuan fasilitas bagi pondok wisata di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

"Bantuan untuk mendukung kunjungan wisata ke kawasan Desa Wisata Gunung Nglanggeran itu, diserahkan pada akhir tahun lalu berupa 79 unit kloset duduk, lantai keramik, tempat penampungan air, dan pipa penyambungan air. Bantuan ini masing-masing senilai Rp5 juta," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan bantuan fasilitas tersebut diharapkan menjadi stimulus, dan meningkatkan gairah wisata.

Selaian itu, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara yang menginap di pondok wisata tersebut.

"Diharapkan pula bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengeloa pondok wisata Nglanggeran," kata Aris Riyanta.

Sementara itu, Kepala Desa Nglanggeran Surimin mengatakan di Desa Nglanggeran sebenarnya ada 150 pondok wisata yang sudah terdaftar, namun saat ini baru 79 pondok wisata yang baru mendapat bantuan dari Dinas Pariwisata DIY.

"Diharapkan Pemerintah DIY juga memberikan bantuan kepada pondok wisata lain yang belum mendapat bantuan," katanya.

Untuk pengelolaan pondok wisata di wilayah Nglanggeran, kata dia saat ini masih dilakukan perorangan, namun di bawah koordinasi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat.

Ia mengatakan Desa Nglanggeran terdiri atas lima pedukuhan, namun yang ada pondok wisatanya sudah meliputi tiga pedukuhan.

Menurut dia, jika perkembangan pariwisata di gunung api purba ini meningkat, kemungkinan akan dibuka pondok wisata di dua pedukuhan lainnya, yaitu di Pedukuhan Ndugo dan Pedukuhan Karangsari.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024