TNI dan BPBD gelar gladi lapang penanggulangan bencana

id simulasi

TNI dan BPBD gelar gladi lapang penanggulangan bencana

ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

Sleman (Antara Jogja) - Kodam IV/Diponegoro bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Sleman menggelar gladi lapang penanggulangan bencana di Lapangan Denggung, Sleman, Kamis.

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Sleman Sri Purnomo, dan dihadiri Komandan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen Sabrar Faadilah, Dandim 0732 Sleman Letkol Inf Bambang Kustiwa, Kepala BPBD DIY Gatot Saptadi, dan Kepala BPBD Sleman Julistiono Dwi Wasito.

Sedangkan peserta di antaranya personel dari beberapa SKPD Kabupaten Sleman, pasukan dari Kodim 0732 Sleman, Polres Sleman, Koramil se Kabupaten Sleman.

Juga ikut personel dari Polda DIY termasuk anjing pelacak, tenaga medis, dan berbagai kelompok relawan.

Panglima Kodam IV/Diponegoro dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan bahwa latihan penanggulangan bencana tersebut untuk menghadapi tugas ke depan dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Untuk itu, kata dia, diperlukan peningkatan profesionalitas prajurit di jajaran Kodam IV/Diponegoro.

"Wahana latihan yang menjadi prioritas untuk menjawab tantangan tersebut, salah satunya adalah melalui latihan penanggulangan bencana alam," katanya.

Latihan yang bermanfaat ini diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam merencanakan operasi dan Kodal operasi khususnya dalam menyiapkan aperasi bantuan kepada pemerintah daerah.

"Dengan terjalinnnya koordinasi yang baik, diharapkan mampu merespon permasalahan yang terjadi pada lingkup tugas satuan, termasuk di dalamnya pemda dan maasyarakat sekitarnya," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiataan tersebut ditujukan juga saebagai pelaksana uji RO Kodan IV/Diponegoro, sehingga nantinya dapat dijadikan PO penanggulangan bencana alam gunung meletus Kodam IV/Diponegoro.

Disampaikan pula bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan operasi militer selain perang, dan di antaranya tugas OMPS adalah tugas membantu menanggulangi bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Komandan Ko Diklat TNI Mayjen TNI Marinir I Wayan Mendra yang hadir pada gladi lapang tersebut mengatakan salah satu tugas TNI adalah membantu pemda termasuk bantuan penanganan penanggulangan bencana untuk meminimalisir korban.

"Prinsipnya TNI siap dalam membantu pemda/masyarakat, dan untuk itu diperlukan persiapan dengan melakukan gladi lapang agar sewaktu-waktu terjadi bencana sudah siap," katanya.
  V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024