382 calon haji Yogyakarta diberangkatkan

id haji

382 calon haji Yogyakarta diberangkatkan

jamaah haji Indonesia (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Sebanyak 382 calon haji asal Kota Yogyakarta diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jumat, untuk kemudian diterbangkan ke tanah suci pada Sabtu (29/8).

"Jamaah haji asal Kota Yogyakarta ini tergabung dalam kelompok terbang 23 Adi Sumarmo Solo," kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Misbachruddin di Yogyakarta, Jumat.

Di antara calon haji yang diberangkatkan dari kompleks Balai Kota Yogyakarta tersebut, terdapat calon haji dengan usia tertua yaitu Maryati Wagino (84) dan calon haji termuda Muhammad Renaldi Pradoto (21).

Ia berpesan agar seluruh calon haji asal Kota Yogyakarta bisa menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, terlebih cuaca yang saat ini cukup panas sehingga daya tahan tubuh yang prima sangat dibutuhkan agar ibadah lancar.

"Suhu udara di tanah suci bisa mencapai 48 derajat celcius. Calon haji diimbau menjaga kesehatan dengan rajin mengonsumsi air dan menjaga asupan makanan dengan makanan yang sehat," katanya.

Sebelumnya, terdapat setidaknya empat calon haji asal Kota Yogyakarta yang mengundurkan diri karena berbagai sebab sehingga tidak memungkinkan bagi mereka untuk diberangkatkan, seperti kecelakaan dan meninggal dunia.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Yogyakarta Muhammad Sarjono yang melepas calon haji mengingatkan calon haji untuk selalu berhati-hati dan cermat dalam melaksanakan seluruh tahapan ibadah haji, menjaga kondisi tubuh, barang bawaan dan menjaga nama baik Kota Yogyakarta dan Indonesia.

"Kami mendoakan agar seluruh jamaah bisa memperoleh haji mabrur dan sekembalinya ke tanah air bisa mengamalkan setiap prosesi ibahdan haji dalam kehidupan sehari-hari dan pembangunan Kota Yogyakarta," katanya.

Ia pun mengingatkan calon haji untuk mendoakan Kota Yogyakarta agar tetap aman, tenteram, kondusif dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Seluruh calon haji tersebut diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan menggunakan sembilan bus. Jamaah dijadwalkan kembali ke tanah air pada 7 Oktober.

Di DIY, total calon haji yang akan diberangkatkan tercatat sebanyak 1.135 jamaah laki-laki, dan 1.347 perempuan ditambah 35 petugas kelompok terbang.

Seluruh calon haji dari DIY terbagi dalam tujuh kelompok terbang yaitu kelompok terbang 23 hingga 29 yang akan diberangkatkan pada Jumat (28/8) hingga Minggu (30/8). ***4*** 

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024