Penduduk miskin penerima KMS 2016 diperkirakan turun

id KMS

Penduduk miskin penerima KMS 2016 diperkirakan turun

Ilustrasi keluarga miskin (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Jumlah penduduk miskin Kota Yogyakarta yang berhak menerima kartu menuju sejahtera pada tahun 2016 diperkirakan turun dibanding tahun sebelumnya.

"Kepastian jumlah penerima kartu menuju sejahtera (KMS) masih akan ditetapkan dalam satu atau dua hari ini. Namun yang pasti, jumlahnya turun sedikit dibanding tahun lalu," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Selasa.

Haryadi mengatakan sudah menerima laporan hasil pendataan penduduk miskin yang diajukan menjadi calon penerima KMS 2016 oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Namun, laporan tersebut masih perlu dijabarkan termasuk kategori penduduk miskin. Kota Yogyakarta membagi penduduk miskin dalam tiga kategori yaitu fakir miskin, miskin atau hampir miskin.

"Detail laporan masih harus dilengkapi agar saat ditetapkan melalui keputusan wali kota langsung dapat dicermati karena laporannya sudah lengkap," katanya.

Data penerima kartu menuju sejahtera akan menjadi dasar bagi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memberikan jaminan perlindungan sosial kepada penduduk miskin di Kota Yogyakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta memberikan bantuan kepada penduduk miskin dalam mengakses layanan pendidikan dan kesehatan.

"Misalnya saja saat pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Kami memberikan jalur khusus untuk penduduk miskin sehingga mereka bisa bersaing masuk ke sekolah negeri secara khusus, tidak bersama-sama dengan calon siswa lainnya," katanya.

Haryadi mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir tidak bisa mengakses layanan jaminan perlindungan sosial dari pemerintah karena hingga saat ini KMS baru belum juga ditetapkan.

"Selama belum ada KMS baru yang ditetapkan, maka KMS lama masih tetap berlaku. Jika ada penduduk pemegang KMS yang anggota keluarganya meninggal dunia, maka mereka masih bisa mengurus santunan kematian," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Hadi Muchtar mengatakan, akan segera menyempurnakan laporan hasil pendataan penduduk miskin calon penerima KMS.

"Yang pasti pekan ini akan disahkan. Sekarang baru disempurnakan dulu agar datanya lebih detail," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024