Puluhan stan Sekaten langsung laku tersewa

id sekaten

Puluhan stan Sekaten langsung laku tersewa

Pasar Malam sekaten (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Lebih dari 50 stan di arena Pasar Malam Perayaan Sekaten yang akan digelar di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta langsung laku disewa oleh masyarakat pada hari pertama pendaftaran.

"Sudah ada sekitar 50 stan yang laku disewa. Jumlahnya akan terus bertambah hingga penutupan pendaftaran pada Selasa (15/11). Hari Sabtu (12/11), kami masih membuka pendaftaran," kata Wakil Ketua Panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2016 Sri Harnani di Yogyakarta, Jumat.

Pada saat mendaftar untuk menyewa lahan, setiap penyewa diwajibkan mengisi formulir untuk menginformasikan luas stan yang disewa termasuk peruntukan sewa serta jenis dagangan yang akan dijual.

"Biaya sewa juga dibayar minimal untuk tujuh hari pertama. Setelahnya ditagihkan kepada penyewa pada saat pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS)," katanya.

Panitia membatasi jumlah kavling yang bisa disewa yaitu seorang penyewa maksimal hanya boleh menyewa dua kavling.

Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menetapkan aturan mengenai biaya sewa yaitu melalui Peraturan Wali Kota Yogyakarta Nomor 90 Tahun 2016. Di dalam peraturan tersebut, lahan yang digunakan untuk pasar malam yaitu di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta terbagi dalam tiga zona, yaitu A,B dan C.

Setiap zona kemudian dibagi menjadi menjadi beberapa kelas yaitu super premium, premium dan reguler sesuai luasan dan lokasinya. Tarif sewa tertinggi adalah Rp6.000 per meter persegi per hari, dan tarif paling rendah adalah Rp3.500 per meter persegi per hari.

Setiap penyewa lahan yang sudah memenuhi seluruh syarat sewa diperbolehkan untuk membangun stan yang akan mereka tempati untuk berjualan. Seperti tahun sebelumnya, penyewa tidak boleh menggali Alun-Alun Utara saat akan mendirikan stan.

Pada tahun ini, Panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten menyiapkan 217 kavling di Alun-Alun Utara Yogyakarta yang bisa disewa, di luar lokasi untuk arena permainan dan stan dari pemerintah.

Khusus untuk stan permainan, Panitia PMPS hanya membuka pendaftaran pada 9 dan 10 November. Saat ini, kuota zona untuk arena permainan sudah habis.

"Kami tempatkan arena permainan ini merata agar semuanya juga ramai dikunjungi pengunjung. Sudah ada penyewa yang mulai membangun arena permainan itu," katanya.

Pasar Malam Perayaan Sekaten pada tahun ini akan berlangsung selama sekitar tiga pekan yaitu 18 November hingga 11 Desember. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024