Munas XXI PBSI akan pilih ketua umum

id Munas XXI PBSI akan pilih ketua umum

 Munas XXI PBSI akan pilih ketua umum

Bulutangkis Indonesia (antarayogya.com)

Yogyakarta (ANTARA Jogja) - Musyawarah Nasional XXI Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia akan digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Kamis (20/9) hingga Sabtu (22/9) dengan agenda utama pemilihan ketua umum.

Meski Musyawarah Nasional (Munas) belum digelar, dua kandidat yang akan bersaing memperebutkan posisi ketua umum menggantikan Joko Santoso sudah bermunculan.

Dua kandidat tersebut adalah Anggota DPR RI Icuk Sugiarto dan Gita Wirjawan. Satu kandidat lain, Marzuki Alie ditolak steering committee (SC) karena tidak memenuhi persyaratan.

"Dari tiga kandidat yang muncul dan mendaftarkan diri, hanya dua yang memenuhi syarat dan satu kandidat terakhir dicoret atau ditolak karena tidak memenuhi persaratan," kata Kabid Organisasi PB PBSI, Kusdarto Pramono di Yogyakarta, Rabu.

Tiga kandidat, kata Kusdarto, Icuk Sugiarto merupakan kandidat pertama yang mengajukan diri. Icuk mengirim surat pengajukan tanggal 3 September lalu, disusul Gita Wirjawan dua hari kemudian. Dan menjelang akhir, Marzuki Alie baru mengajukan diri.

Setelah berkas pencalonan diseleksi steering committee, kata dia, hanya berkas atas nama Icuk dan Gita Wirjawan yang dinyatakan lengkap. Sedangkan Marzuki tidak dilengkapi surat rekomendasi. Padahal sesuai anggaran rumah tangga (ART), untuk mengajukan diri sebagai ketua harus disertai rekomendasi.

"Marzukie Alie tidak ada surat rekomendasi, semuanya hanya surat pernyataan. Sesuai ART wajib buat rekomendasi tentang kesanggupan jadi Ketua PB PBSI. Lalu menyerahkan rekomendasi dari Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI bahwa yang bersangkutan adalah warga salah satu perkumpulan atau simpatisan," kata Kusdarto.

Ketua Panitia Lokal Munas, Sutrisno mengatakan, panitia siap menggelar munas yang dipusatkan di Jogjakarta Plaza Hotel. Rangkaian kegiatan sudah disusun dengan baik agar acara berjalan lancar.

"Rencananya munas dibuka Menpora Andi Alvian Malarangeng pada Kamis (20/9) sekitar 19.00 WIB," kata Sutrisno.

Anggota Panitia, Sukiman mengatakan, Munas akan diikuti sekitar 120 hingga 130 peserta dari PB maupun 33 Pengprov PBSI di Indonesia. Mereka akan memilih ketua umum baru untuk masa bakti 2012-2016.

"Kami berharap Munas berjalan lancar, tidak ada kendala apa pun," kata dia.

(KR-STR)