442 atlet DIY masuk Puslatda persiapan PON XXI/2024

id Puslatda DIY,PON XXI

442 atlet DIY masuk Puslatda persiapan PON XXI/2024

Gubernur DIY Sri Sultan HB X (tengah) menghadiri Pencanangan Puslatda menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat (12/1/2024) (ANTARA/HO-Pemda DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 442 atlet berbagai cabang olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta masuk dalam Pusat Pelatihan Daerah atau Puslatda untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY Djoko Pekik Irianto di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat, mengatakan ratusan atlet tersebut berasal dari 1.400 atlet pada 55 cabang olahraga atau 70 sub cabang olahraga yang diseleksi sepanjang 2023, untuk mengikuti babak kualifikasi PON XXI.

"PON di Jabar tahun 2016, DIY mengirimkan 324 atlet. Alhamdulillah pada PON XXI ini kita lolos lebih banyak lagi, menjadi 442," kata Djoko.

Melalui Puslatda itu, menurut Djoko, para atlet akan mengikuti pemusatan pelatihan PON mulai Januari hingga Agustus 2024 sebelum mereka berlaga pada PON XXI pada September di Aceh dan Sumatera Utara.

Pelaksanaan Puslatda dibagi menjadi beberapa sesi, sesuai dengan potensi dan target di bawah bimbingan satuan tugas Puslatda DIY.

"Di antara 442 atlet seandainya ada yang performanya di bawah standar, maka akan digeser dan diganti oleh atlet yang lain. Oleh karena itu seluruh atlet wajib berlatih keras agar bisa meraih target," kata dia.

Untuk menjaga keselamatan atlet serta pelatih selama Puslatda, menurut Djoko, disediakan fasilitas berupa asuransi ketenagakerjaan, klinik terapi fisik, kesehatan, psikologi, termasuk bimbingan teknis bagi pelatih, monitoring dan pendampingan.

Pada PON XXI, kata Djoko, DIY berencana mengirim total sekitar 700 personel yang terdiri atas atlet, pelatih, teknisi, tim medik, media dan tim pendukung.

"Kontingen yang akan berada di Aceh sejumlah 24 cabor, sementara di Sumatera Utara 24 cabor, " kata dia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Pencanangan Puslatda menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024, menyampaikan bahwa Puslatda bukan hanya tempat untuk berlatih, tetapi juga sebagai arena menempa diri.

"Saya harap seluruh atlet, dapat membangun semangat juang dan rasa percaya diri yang tinggi. Puslatda DIY hadir dengan tujuan mulia, yakni memberikan bekal latihan terbaik bagi para atlet sebelum berkompetisi," kata Sultan.