Ratusan warga meriahkan "Code Fun Fishing"

id ratusan warga meriahkan

Ratusan warga meriahkan "Code Fun Fishing"

Ilustrasi memancing secara massal di sungai (Foto fkwa.blogspot.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - Sekitar 500 warga dari Kota Yogyakarta dan beberapa kabupaten sekitarnya, ikut ambil bagian dalam kegiatan "Code Fun Fishing" yang digelar untuk memperingati HUT ke-256 Kota Yogyakarta.

"Ada sekitar 500 pemancing yang mengikuti kegiatan untuk memeriahkan HUT Kota Yogyakarta dan juga syukuran atas disahkannya Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta," kata Ketua Panitia Code Fun Fishing Gunarso di Yogyakarta, Minggu.

Selain itu, ia mengatakan bahwa lomba memancing tersebut juga ditujukan sebagai upaya untuk mempromosikan gerakan gemar makan ikan kepada masyarakat serta menyosialisasikan program kali bersih.

Peserta lomba mancing tersebut memancing di sepanjang sisi kanan dan kiri Sungai Code, mulai dari bawah Jembatan Jambu hingga di bawah Jembatan Kewek. Sebelum lomba dimulai, sungai telah dibendung untuk ditaburi ikan lele yang akan dipancing.

Sejumlah hadiah menarik telah dipersiapkan panitia untuk diperebutkan para peserta, di antaranya sepeda motor, televisi LED, lemari es, telepon selular hingga penanak nasi. Selain itu, juga dipersiapkan "door prize" sepeda motor. Hadiah utama akan diberikan kepada peserta yang dapat memancing ikan lele dengan bobot paling berat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya yang membuka kegiatan tersebut menyatakan apresiasinya kepada masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan positif untuk memperingati HUT Kota Yogyakarta sekaligus penetapan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta.

"Kegiatan ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dan pelaku usaha demi kepentingan Kota Yogyakarta," kata Aman.

Kegiatan Code Fun Fishing tersebut digelar atas dukungan salah satu hotel berbintang di Kawasan Malioboro dan pelaku usaha lain.

Ia mengatakan, warga Kota Yogyakarta sudah tidak asing dengan sungai karena wilayah tersebut dialiri tiga sungai yang cukup besar yaitu Sungai Code, Winongo dan Gadjah Wong.

"Karenanya, peran masyarakat untuk ikut menjaga kondisi sungai sangat diperlukan. Kegiatan lomba memancing ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengajak masyarakat menjaga sungai agar tetap bersih dan mendukung kehidupan masyarakat sekitarnya," katanya.

(E013)