Sri Hartati juara dunia di Puerto Rico

id sri hartati juara dunia

Sri Hartati juara dunia di Puerto Rico

Sri Hartati (Foto kemenpora.go.id)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Atlet angkat berat putri Indonesia Sri Hartati asal Lampung meraih medali emas kelas 57kg dengan total angkatan seberat 545kg (squat 215 kg, bench press 135 kg serta deadlift 195kg) pada kejuaraan dunia angkat berat di Aquadilla City, Puerto Rico, Kamis.

Menurut siara pers yang diterima dari  Sebastian Hadi Wiharja, koordinator Program Indonesia Emas (Prima) di Jakarta, Kamis, Sri yang tampil dengan berat badan 56,38kg itu mengalahkan lifter Taiwan Wu Chun Hui dengan total angkatan 502,5kg dan lifter Finlandia Rantamani yang juga mengangkat total angkatan 502,5kg.

Meski berhasil mengangkat berbel dengan berat yang sama, tapi lifter asal Taiwan tersebut berhak meraih perunggu karena memiliki bobot tubuh lebih ringan dibanding Rantamani.

Sementara itu, lifter putri Indonesia lainnya, yaitru Noniana Sari yang juga asal Lampung dan tampil di kelas 63kg, berhasil meraih medali perak dengan total angkatan 587,5 kg ( squat   220kg , bench press   142,5kg   dan dead lift   225kg).  Medali emas lifter Ukraina, Solovia  dengan total angkatan 633 kg dan perunggu diraih lifter Rusia Poletaeva  (572,5kg).

Kejuaraan yang berlangsung 20 Oktober sampai 4 Desember itu, merupakan babak kualifikasi untuk dapat tampil pada World Games 2013.

World Games adalah semacam event seperti Olimpiade, yang mempertandingkan cabang olahraga yang tidak ditampilkan di Olimpiade.  Biasanya World Games diikuti sekitar 145 negara, lebih sedikit dibanding Olimpiade yang diikuti sekitar 200 negara.

Selain Sri Hartati dan Noniana, Indonesia juga mengirim lifter putra Roby Sujanto asal Jambi, tapi lifter tersebut gagal meraih medali. Mereka didampingi pelatih Anna Maria asal lampung.
   
(A032)