Menparekraft siap dukung tren sarung Indonesia

id sarung Indonesia

Menparekraft siap dukung tren sarung Indonesia

Perajin sarung Indonesia (antaranews.com)

Jakarta (ANTARA Jogja) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, mengatakan, pihaknya siap mendukung berkembangnya tren sarung Indonesia ke seluruh dunia.

"Hidup sarung Indonesia, kita akan bawa popularitas sarung ke seantero dunia," kata Mari Elka Pangestu di Jakarta, Kamis, dalam rangkaian acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012.

Pada kesempatan itu, Mari menyerahkan dan memakaikan sarung kepada Bapak Ekonomi Kreatif Dunia, John Howkins, yang datang ke Indonesia khusus untuk mengisi acara itu.

PPKI 2012 digelar pada 21-25 November 2012 di Epiwalk Kuningan, Jakarta, sebagai wadah pelaku ekonomi kreatif di tanah air untuk mengekspresikan karyanya.

Mari Pangestu menari bersama ratusan pemuda-pemudi yang mengenakan sarung asli Indonesia.

Musik dan lagu yang mengiringi parade itu juga merupakan lagu-lagu daerah yang diremix dan dikreasi ulang.

"Ini bisa menjadi salah satu ajang untuk membuat sarung semakin akrab untuk generasi muda. Mari kita mensarungkan dunia," katanya.

Mari berpesan kepada John Howkins agar membawa sarung ke Inggris sekaligus memperkenalkan sarung kepada dunia sebagai salah satu produk kreatif Indonesia.

Howkins sendiri mengatakan dirinya optimistis industri kreatif di Indonesia akan berkembang dan memiliki prospek yang sangat cerah.

"Anda memiliki banyak generasi muda yang kreatif, populasi yang besar, dan pemerintah yang peduli. Inilah Indonesia kreatif," katanya.

(H016)