Calon kades Umbulrejo lakukan deklarasi damai

id kepala desa

Calon kades Umbulrejo lakukan deklarasi damai

Pilkades (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Calon kepala desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, melakukan deklarasi damai dalam rangka Pemilihan Kepala Desa 2013.

Tiga bakal calon kepala Desa Umberejo, yakni Wakimin, Gunadi, dan Gadung Setyadi setelah melakukan ikrar deklarasi damai langsung melakukan penandatanganan kesepakatan bersama.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Umbulrejo Kapeyono di Gunung Kidul mengatakan ketiga bakal calon tersebut akan mengikuti pilkades pada 3 November 2013.

"Usai deklarasi, mereka diharapkan akan dapat melaksanakan kesepakatan yang telah ditandatangani bersama sehingga pemilihan kepala desa di daerah ini berlangsung damai," kata Kapeyono.

Sekretaris Panitia Pilkades Budi Purwo Sudaryanto mengatakan pilkades akan diikuti kalangan warga dari 10 padukuhan dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 5.874 orang.

"Rencananya pemungutan suara akan dipusatkan di balai desa termasuk penghitungan surat suaranya," kata dia.

Sebelumnya, kata dia, pada Minggu, 20 Oktober 2013 juga berlangsung pemilihan kepala desa di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari dan Desa Ngawu, Kecamatan Playen.

Tiga calon kepala Desa Krambilsawit, yakni Suwandi, Wagiyo, dan Yusuf Sukirno mengikuti pemilihan kepala desa. Ketiga calon tersebut memperebutkan suara 4.579 orang yang terdaftar dalam DPT. Pilkades Krambilsawit dimenangkan oleh Wagiyo dengan perolehan suara sebanyak 2.548 suara.

Pilkades Ngawu di Kecamatan Platen Wagiran berhasil memperoleh 1.067 suara selisih 44 suara dengan Sudiyanto yang hanya mendapat 1.023 suara, sedangkan yang gugur 62 suara.

(KR-STR)