Eksekutif sepakat perbaiki komunikasi politik dengan legislatif

id DPRD

Eksekutif sepakat perbaiki komunikasi politik dengan legislatif

DPRD Kota Yogya (Foto Antara/Dina)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kepala Daerah Kota Yogyakarta sepakat akan memperbaiki jalinan komunikasi politik dengan legislatif sesuai hasil pertemuan dengan partai pengusung akhir pekan ini.

"Pertemuan dengan partai pengusung DPC PDIP Kota Yogyakarta itu dihadiri oleh Wali Kota Haryadi Suyuti dan Wakil Wali Kota Imam Priyono. Kami mendorong eksekutif untuk memperbaiki komunikasi politik dengan dewan. Eksekutif pun sepakat," kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Sujanarko di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, komunikasi politik yang tidak berjalan baik antara pemerintah dan DPRD Kota Yogyakarta membuat kedua belah pihak kerap kali mengalami salah paham dan berujung pada perselisihan antara wakil wali kota dengan Ketua DPRD kota Yogyakarta Henry Koencoroyekti beberapa waktu lalu.

Salah satu bentuk tidak adanya komunikasi politik antar kedua belah pihak, lanjut dia, di antaranya adalah pembagian wewenang dan tugas antara wali kota dengan wakil wali kota.

"Mengapa surat keputusan yang sudah ditetapkan sejak Agustus 2012 tersebut baru diketahui oleh anggota dewan belum lama ini. Ini bukti komunikasi yang kurang lancar," katanya.

Di dalam pertemuan tersebut, Sujanarko menyebut tidak ada pihak yang saling salah menyalahkan, dan pertemuan berjalan dengan baik.

Usai pertemuan antara partai pengusung dengan pasangan kepala daerah, DPC PDIP Kota Yogyakarta berniat melakukan pertemuan dengan Fraksi PDIP di DPRD Kota Yogyakarta.

"Akan ada pertemuan tiga pilar, kepala daerah, fraksi dan partai. Tujuannya juga sama, memperbaiki komunikasi politik jangan sampai komunikasi yang sudah baik terputus lagi di tengah jalan," katanya.

Namun demikian, Sujanarko menyatakan belum mengetahui secara pasti waktu yang ditetapkan untuk melakukan pertemuan tiga pilar tersebut. "Yang pasti dalam pekan ini, diharapkan sudah ada pertemuan itu," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, pertemuan dengan partai pengusung menjadi upaya untuk meningkatkan komunukasi apabila selama ini dinilai masih kurang.

"Tujuannya adalah untuk membangun Kota Yogyakarta. Komunikasi yang baik diperlukan untuk mewujudkannya," katanya.

Mengenai rapat konsultasi penegakan peraturan daerah yang masih akan digelar oleh DPRD Kota Yogyakarta, Haryadi menyatakan siap menghadirinya dan perselisihan antara wali kota dan ketua dewan dalam rapat sebelumnya diyakini tidak akan terulang.

(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024