Tim gabungan gelar operasi angkutan barang

id Operasi angkutan barang

Tim gabungan gelar operasi angkutan barang

Tim Gabungan menggelar operasi angkutan barang dalam rangka penegakan Perda DIY No.4 tahun 2010 di Jalan Magelanh kawasan Lapangan Denggung Sleman (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara Jogja) - Tim. gabungan Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan Direktorat Lalu Lintas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar operasi truk angkutan barang di area parkir utara Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, Selasa.

"Operasi truk angkutan barang ini sebagai upaya penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2010," kata koordinator lapangan Operasi Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja, Daerah Istimewa Yogyakarta Binardi.

Menurut dia, operasi ini dengan sasaran truk angkutan barang yang melebihi tonase sesuai klasifikasi kendaraannya dan kelengkapan administrasi angkutan.
"Kami juga memeriksa surat KIR angkutan barang, maupun surat kelengkapan lainnya," katanya.

Ia mengatakan, selain untuk penegakan Perda 4/2010 operasi ini juga untuk ketertiban angkutan barang dan keselamatan lalu lintas.

"Truk angkutan barang ini kan kemungkinan nanti juga akan mengangkut barang kebutuhan pokok untuk puasa dan lebaran, sehingga harus dipastikan kondisinya laik jalan dan memenuhi prosedur keamanan," katanya.

Koordinator Lapangan Dinas Perhubungan DIY Herrymawan mengatakan, dalam operasi ini digunakan timbangan portable elektrik untuk mengetahui berat muatan.
"Jika kedapatan melebihi tonase maupun yang KIR mati maka langsung ditilang dan sidang di tepat dengan melibatkan hakim dari pengadilan di lokasi operasi, dalam hal ini adalah Pengadilan Negeri Sleman," katanya.

Ia mengatakan, meskipun setelah sidang di tempat angkutan barang boleh melanjutkan perjalanan, namun mereka tetap harus mengurus kelengkapan surat kendaraan yang mati.

"Jika KIR sudah mati maka tetap diwajibkan mengurus KIR, karena jika tidak maka kemungkinan akan terjaring operasi lagi," katanya.

Herrymawan mengatakan, operasi angkutan barang ini digelar secara rutin di ruas-ruas jalan yang sering dilalui kendaraan angkutan barang.

"Operasi ini rutin digelar, selain di sini operasi juga dilakukan di ruas jalan lain seperti di Jalan Wates atau di daerah Tempel Sleman," katanya.


(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024