Bantul-DIY rumuskan kerja sama pengelolaan Hutan Mangunan

id hutan pinus mangunan

Ilustrasi wisata Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta (Foto Antaranews.com)

Bantul, 9/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul bersama Pemerintah DIY akan merumuskan kerja sama pengelolaan kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan yang saat ini sedang berkembang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto di Bantul, Minggu mengatakan, sudah bertemu dengan Kepala Balai Pelestarian Hutan DIY untuk membicarakan pengelolaan kawasan hutan pinus yang berada di wilayah Mangunan Dlingo Bantul itu.

"Waktu Obama (mantan Presiden AS Barack Obama) ke Puncak Becici Mangunan beberapa waktu lalu saya ketemu dengan Kepala Balai dan sempat ngobrol-ngobrol. Intinya kerja sama dengan Pemda DIY kami siap, tapi bentuk kerja sama seperti apa baru kami rumuskan," katanya.

Menurut dia, rencana melakukan kerja sama dengan Pemda DIY terkait pengelolaan kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan itu ada kaitannya dengan pesatnya perkembangan sektor wisata hutan pinus, sebab dalam beberapa tahun terakhir kunjungan wisata ke Mangunan terus meningkat.

Ia mengatakan, kawasan wisata hutan pinus saat ini masih dikelola masyarakat setempat atau kelompok sadar wisata, bagi wisatawan yang masuk kawasan sudah diberlakukan retribusi yang hasilnya sebagian disetor ke pendapatan asli daerah (PAD) DIY.

"Segala kemungkinan itu ada, namun kalau bagi hasil susah, karena retribusi masuk ke DIY, apalagi kita juga punya gambaran pariwisata di sana. Jadi masyakarat di sepanjang jalur wisata itu kita harapkan semua terlibat," katanya.

Menurut dia, rencana untuk kerja sama dengan Pemda DIY terkait pengelolaan kawasan wisata hutan pinus di beberapa lokasi di Mangunan itu selain potensi jadi destinasi wisata favorit juga potensi pendapatan parkir yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat cukup besar.

"Potensi itu banyak, kemudian terkait `home stay`, inilah yang mestinya kita garap, karena saya pribadi punya tujuan sesuai visi misi bupati yaitu bagaimana masyarakat makin sejahtera melalui potensi wisata yang ada," katanya.

Sementara itu, menurut dia, pascakunjungan Barack Obama bersama keluarga ke Puncak Becici Dlingo pada Kamis (28/6), secara tidak langsung berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan ke Becici, sebab hal itu membuat wisatawan penasaran dengan wisata itu.

"Kita memang tidak bisa menyimpulkan apakah peningkatan wisatawan ke Becici karena efek Obama, tetapi dari situ juga bisa dilihat orang jauh juga tertarik, apalagi secara alam di kawasan Dingo menjadi daya tarik wisata juga pelayanan ramah," katanya.

Oleh sebab itu, ia berharap, pengelola wisata Puncak Becici termasuk destinasi wisata di Mangunan Dlingo bisa meningkatkan pola manejemen pelayanan, mengingat kawasan wisata Mangunan dalam dua tahun terakhir makin dikenal wisatawan. ***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar