Kemenpora siap promosikan Etape Menoreh Kulon Progo

id Etape Menoreh Kulon Progo

Kulon Progo (Antara Jogja) - Kementerian Pemuda dan Olahraga akan membantu mempromosikan Etape Menoreh di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, seiring pembangunan bandara internasional di wilayah itu.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Isnanto di Kulon Progo, Minggu mengapresiasi langkah Pemkab Kulon Progo mengekplorasi objek-objek wisata di kawasan Bukit Menoreh dan dipromosikan melalui etape Menoreh.

"Pemkab Kulon Progo melakukan ekspolarasi potensi wisata lokal sejak tiga tahun terakhir. Kami siap turut hadir lewat `tourist spot`. Mari kita dukung Etape Menoreh," kata Isnanto.

Menurut dia, Gowes Pesona Nusantara akan menjadi ajang promosi potensi daerah, khususnya objek wisata. Sehingga, Gowes Pesona Nusantara mampu mendongkrak kunjungan wisata.

"Gowes Pesona Nusantara akan mengeksplorasi potensi daerah," katanya.
Ia mengatakan Indonesia adalah termasuk bangsa, memiliki kebiasaan atau gaya hidup yang malas bergerak, karena menurutnya hanya 3.500 langkah perhari, sedangkan negara Hongkong penduduknya termasuk dalam kategori aktif bergerak karena bisa mencapai angka 7.000 langkah perhari.

"Kebiasaan gerak ini diharapkan bangsa kita menjadi bangsa yang aktif bergerak salah satunya melalui kegiatan Olahraga bersepeda atau Gowes ini, atau boleh juga olahraga lainnya, seperti jalan sehat dan senam yang saat ini akan dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo ini, sehingga kita menjadi bangsa yang sehat fisik maupun mental," katanya.

Lebih lanjut, Isnanto, menjelaskan, kegiatan "Gerakan Masyarakat Sehat" seperti Gowes Nusantara ini langsung merupakan instruksi Presiden Joko Widodo dan sampai saat ini sudah menjelajahi 90 Kabupaten dan Kota di Indonesia.

"Gerakan masyarakat sehat ini bertjuan membuat masyarakat Indonesia sehat," katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan olahraga bersepeda atau olahraga publik atau olah raga rakyat seperti ini dapat dijadikan alat untuk pemersatu atau perekat bangsa dalam satu bingkai NKRI, yang mudah dilakukan, murah, hidup sederhana, sehat dan dapat menjaga lingkungan dari polusi udara.

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung program nasional yang dipelopori oleh Kempora RI ini, karena selain untuk berolahraga juga dapat mempromosikan daerah yang dilalui seperti tempat-tempat wisata di Kabupaten Kulon Progo.

"Hal yang paling penting adalah menyatukan NKRI lewat ivent olahraga dengan membawa air dan tanah yang sudah dikumpulkan dari 12 Kecamatan di Kulon Progo serta daerah-daerah lain di Indonesia," katanya.

(U.KR-STR)