Bantul mengenalkan industri kreatif kepada pelaku wisata

id giriloyo

Bantul mengenalkan industri kreatif kepada pelaku wisata

ilustrasi- Peserta Konfenrensi Internasional Tempe sedang belajar membatik di Giriloyo, Imogiri, Bantul. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar "Bantul Creative Economy Showcase" di Kampung Batik Giriloyo, Desa Wukirsari, untuk mengenalkan potensi industri ekonomi kreatif kepada para pelaku wisata.

"Sekitar 150 peserta dari kalangan pelaku wisata yang hadir pada acara ini diharapkan menjadi lebih mengenal industri ekonomi kreatif di Bantul," kata Ketua Panitia "Bantul Creative Economy Showcase" Eko Sutarmo usai kegiatan itu di Bantul, Kamis.

Menurut dia, kegiatan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bantul bersama insitusi terkait yang bergerak di sektor industri kreatif tersebut dihadiri ratusan pelaku wisata dari Yogyakarta, Solo, dan Semarang Jawa Tengah.

Ia mengatakkan, acara yang dirangkai dengan pameran produk industri kreatif dan pengenalan batik Bantul tersebut menjadi ajang unjuk gigi inovasi ekonomi kreatif dan industri kriya di Bantul.

Eko menjelaskan, Bantul yang dinobatkan sebagai kabupaten kreatif memang perlu untuk dieksplorasi oleh para pelaku wisata di sekitarnya melalui desa wisata maupun industri kreatif yang menjadi andalan daerah ini.

"Harapannya, di masa yang akan datang kreativitas masyarakat Bantul semakin dikenal oleh banyak orang juga wisatawan," katanya.

Sementara itu, Unit Manager Communication and CSR PT Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari mengatakan, menyambut baik terselenggaranya acara Bantul Creative Economy Showcase di Kampung Batik Wukirsari yang jadi program kemitrannya.

Menurut dia, acara tersebut bisa menjadi media yang bagus dalam rangka upaya pengenalan potensi wisata dan industri kreatif Bantul, agar nantinya bisa berdampak pada peningkatan ekonomi pelaku industri kreatif.

"Saya melihat pembicara yang didatangkan dalam acara ini cukup berkompeten, sehingga program-program yang dijalankan menjadi sangat menarik, kami dari Pertamina siap membantu melalui program kemitraan berupa permodalan," katanya.

(T.KR-HRI) 22-03-2018 22:50:20