Asita dorong penguatan "city branding" Yogyakarta

id Jogja istimewa

Asita dorong penguatan "city branding" Yogyakarta

jogja istimewa (Foto Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta?berharap ada penguatan "city branding" Yogyakarta sebelum Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo beroperasi pada 2019.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Udhi Sudiyanto di Yogyakarta, Jumat, mengatakan "city branding" sebagai upaya pokok untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke Yogyakarta.

"Melalui `city branding` sekaligus mempromosikan keberadaan NYIA sebagai akses strategis untuk mengunjungi Yogyakarta," kata dia.

Menurut Udhi, "city branding" antara lain dapat dioptimalkan dengan mengundang wartawan asing minimal dari negara-negara ASEAN untuk mengikuti serangkaian tur di Yogyakarta.

Selain itu, Pemda DIY juga dapat mengundang tokoh atau publik figur mancanegara datang ke Yogyakarta.

"Untuk membangun `branding` memang mahal, tetapi itu seharusnya bukan masalah karena dampaknya terhadap kunjungan wisata bisa luar biasa," tuturnya.

Strategi yang paling umum dilakukan, kata dia, adalah dengan menggelar pameran-pameran wisata di luar negeri atau melalui "event-event" berskala internasional.

Agenda-agenda wisata, kata dia, juga harus dipersiapkan sebagai sarana promosi keberadaan bandara itu di kancah internasional.

"Saya kira sebelum dikenalkan dengan bandara NYIA, mereka harus mendapat informasi yang jelas mengenai Yogyakarta. Sehingga begitu mereka ingat Indonesia, maka secara otomatis teringat Yogyakarta," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dispar DIY) Aris Riyanta mengatakan pihaknya memang sedang menggencarkan promosi destinasi wisata baru, untuk meningkatkan kunjungan wisata baik domestik maupun mancanegara ke daerah tersebut pada tahun 2018.

Menurut Aris, selain melalui berbagai event pameran di dalam negeri, promosi destinasi wisata baru antara lain akan diprioritaskan dalam setiap kunjungan ke negara-negara Asia maupun Eropa.

Ia mengakui hampir setiap tahun muncul destinasi-destinasi wisata baru, baik kuliner maupun alam, di Yogyakarta. Munculnya destinasi baru itu, diharapkan memberikan banyak pilihan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kota gudeg itu.



(T.L007) 23-03-2018 16:24:09

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024