PCNU Bantul santuni 1.000 anak yatim

id Anak yatim

PCNU Bantul santuni 1.000 anak yatim

ilustrasi- Dolanan anak Peserta Festival Dolanan Anak sedang beradu cepat dalam permainan batok tali yang digelar di halaman depan Balai Kota Yogyakarta, Minggu (15/3). Acara dalam rangka hari jadi Yayasan Yatim Mandiri ke-21 mengundang sekitar 80 an

Bantul (Antaranews Jogja) - Sebanyak 1.000 anak yatim di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat santunan berupa alat sekolah dan sejumlah uang dalam rangka Hari Lahir Nahdhatul Ulama yang diadakan Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama setempat.

"Kegiatan Harlah ke-95 NU ini kami peringati beda dengan biasanya, kalau dulu berupa apel dan sebagainya, tapi sekarang variatif berupa santunan kepada 1.000 anak yatim," kata Ketua PCNU Bantul Yasmuri di sela kegiatan di Bantul, Minggu.

Menurut dia, sesuai rencana kegiatan Harlah NU oleh PCNU Bantul ini mengundang 1.000 anak yatim se-Bantul untuk menerima santunan, namun yang hadir melebihi 1.000 anak yatim karena antusiasme mereka untuk mengikuti kegiatan.

"Anak yatim ini dari seluruh Bantul dalam hal ini kita minta MWC (Mejelis Wakil Cabang) NU tingkat kecamatan untuk koordinir pesertanya yang anak yatim non-panti di pedusunan-pedusunan wilayah Bantul," katanya.

Menurut dia, kegiatan dengan tema Santunan 1.000 Anak Yatim ini dilaksanakan karena kepedulian NU kepada anak yatim dan masyarakat dari kalangan ekonomi bawah yang notabene membutuhkan santunan dan perhatian para pihak.

Kegiatan dalam rangka Harlah NU di Bantul itu selain dihadiri para ulama se- Bantul dan kader muda organisasi Islam itu juga dihadiri Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan beberapa pejabat pemerintah setempat yang terkait.

"Setelah memberikan santunan secara simbolis kepada anak yatim kita mengadakan temu alim ulama, dalam pertemuan itu membahas bagaimana perkembangan NU ke depan dan bagaimana pertahankan NKRI melalui NU," katanya.

Sementara itu, Yasmuri juga mengatakan, PCNU Bantul saat ini juga sedang menggencarkan kegiatan `Koin NU`, program yang sudah menunjukkan perkembangan signifikan karena direspon dari semua pengurus NU tingkat kecamatan itu dalam rangka NU mandiri.

"Koin NU dalam rangka NU mandiri, semua pengurus MWC NU 17 kecamatan sudah melakukan gerakan koin NU, rata-rata tiap kecamatan terkumpul 3.000 kotak bahkan ada yang 6.000 kotak koin. Sehingga total se-Bantul sudah ada sekitar 40.000 kotak koin NU," katanya.



(T.KR-HRI) 01-04-2018 16:38:13

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024