Chicco Jerikho menyerukan penghentian perburuan gajah

id gajah

Chicco Jerikho menyerukan penghentian perburuan gajah

Gajah (Foto Antara)

 Lampung (Antaranews Jogja) - Duta World Wide Fund for Nature (WWF) untuk konservasi gajah (Elephant Warrior) sekaligus aktor, Chicco Jerikho, menyerukan untuk penghentian perburuan liar terhadap gajah.

        "'Stop' (hentikan) perburuan liar karena banyak gajah yang diburu hanya untuk gading dan 'merchandise' (barang dagangan)," katanya di Lampung, Sabtu.

        Hal itu disampaikannya sebagai pesan khusus dalam merespons populasi gajah yang menurun akibat aktivitas perburuan liar, seperti untuk mengambil atau menjual gading gajah.

        "Dari kecil saya suka gajah dan menurut saya gajah ini sangat berperan penting dalam ekosistem kehidupan," ujar pria kelahiran Jakarta pada 3 Juli 1984 itu.

        Chicco juga menaruh perhatian terhadap konflik antara gajah dan manusia dan mendorong adanya berbagai solusi untuk kehidupan yang aman bagi gajah di kawasan yang berdampingan dengan pemukiman warga.

        Chicco mengatakan pentingnya kesadaran masyarakat untuk berkontribusi bagi kesejahteraan dan kelestarian gajah.

        Sebagai tokoh publik, dia dapat menyuarakan pelestarian gajah dengan segala media yang dipunya dan mengimbau agar pihak-pihak tertentu tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa yang dilindungi tersebut.

        Elephant Warrior, program yang diusung WWF merupakan wadah bagi masyarakat yang mendukung kelestarian gajah dan dapat berkontribusi langsung melalui donasi.

        "Elephant warrior merupakan orang yang dengan ikhlas melakukan kontribusi sekecil apapun untuk konservasi gajah," ujarnya.

        Bersama WWF, organisasi yang bergerak di bidang konservasi lingkungan hidup, dia juga akan menyosialisasikan konservasi gajah Sumatra dan menjangkau gajah-gajah di Indonesia.

        "Siapapun bisa ikut untuk mendukung konservasi gajah," kata Chicco.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024