Pemkab dorong pokdarwis mangunan siapkan penataan parkir

id wisata mangunan bantul

Pemkab dorong pokdarwis mangunan siapkan penataan parkir

Desa Wisata Mangunan Dlingo Bantul (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong masyarakat kelompok sadar wisata Mangunan, Dlingo mulai menyiapkan penataan parkir kendaraan wisata menghadapi libur Lebaran 2018.

Camat Dlingo Bantul Jati Bayu Broto di Bantul, Kamis, mengatakan, penyiapan lahan parkir kendaraan wisatawan ke objek-objek wisata Mangunan itu menyusul adanya pelebaran jalan Imogiri-Mangunan yang ditargetkan selesai sebelum libur Lebaran.

"Pelebaran jalan dari Imogiri ke atas (Mangunan) sekarang ini sudah dikerjakan dan masih berjalan, rencana nanti sebelum libur Lebaran sudah selesai, tinggal masyarakat di sana menyiapkan penataan parkirnya," katanya.

Menurut dia, perlunya penyiapan penataan parkir wisata di titik-titik Mangunan itu karena persoalan parkir selama ini menjadi kendala yang dihadapi wisatawan Mangunan, apalagi nanti jalur wisata sudah dilebarkan.

"Kalau saya kira rambu-rambu sudah cukup, penerangan sudah, dan perluasan jalan itu sudah luar biasa, hanya mungkin parkirnya itu kalau liburan kendalanya parkir yang kurang, jadi perlu dilakukan antisipasi," katanya.

Apalagi, menurut dia, di wilayah perbukitan Dlingo terdapat belasan spot-spot atau objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan, kemudian ditambah destinasi-destinasi wisata baru yang sedang bermunculan.

"Jadi kita mulai berbenah, karena banyak pembukaan destinasi-destinasi baru, sehingga masyarakat juga banyak mulai berbenah. Harapannya dengan destinasi baru mudah-mudahan bisa memecah dan meratakan kunjungan," katanya.

Selain penataan parkir wisatawan, lanjut dia, masyarakat Pokdarwis Mangunan juga perlu mempersiapkan petunjuk-petunjuk jalan atau informasi bagi wisatawan, agar memudahkan dalam berkunjung ke objek wisata yang dituju.

"Informasi terkait destinasi-destinasi baru juga perlu disiapkan, karena ternyata banyak sekali destinasi yang alamnya masih indah dan asri. Hanya memang akses jalan barangkali ada beberapa yang kurang," katanya.