Arus mudik sudah memasuki wilayah Bantul

id arus mudik

Ilustrasi, Arus mudik lebaran (Foto ANTARA)

Bantul (Antaranews Jogja) - Para pemudik dari luar daerah pada Rabu atau dua hari menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah sudah memasuki wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Kondisi tersebut terlihat dari peningkatan volume kendaraan dengan plat nomor luar DIY yang melintas di kawasan Pasar Bantul yang terdapat di Jalan Jenderal Sudirman, meski begitu arus lalu lintas tidak terjadi kemacetan.

Di depan pasar tradisional terbesar se-Bantul itu juga telah didirikan Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran oleh Kepolisian Resor (Polres) maupun instansi terkait dengan pengamanan dan pengendalian arus lalu lintas.

"Para pemudik dari luar kota seperti Jakarta dan Bandung sudah mulai berdatangan, biasanya mereka berbelanja dulu sebelum merayakan Idul Fitri," kata Kapolsek Bantul Kompol Paimun di Pospam Lebaran Pasar Bantul.

Menurut dia, arus lalu lintas di depan Pasar Bantul mengalami peningkatan dibanding sebelumnya, namun belum berdampak pada kemacetan atau penumpukan kendaraan yang berarti, kepadatan arus terutama terjadi pada pagi dan sore.

Namun demikian, kata dia, untuk mencegah kemacetan kendaraan yang melintas di depan Pasar Bantul, pihaknya meminta petugas kepolisian yang jaga di Pospam agar melakukan pengaturan dan mengarahkan arus lalu-lintas.

"Kami telah memerintahkan anggota yang bertugas di pos untuk membantu kelancaran arus lalu-lintas," kata Kapolsek Bantul.

Sementara itu, pantauan arus lalu lintas di wilayah Bantul pada jalur jalur mudik seperti di Jalan Lingkar selatan, Jalan Parangtritis juga mengalami peningkatan, tampak kendaraan pribadi plat B (Jakarta) dan D (Bandung) juga melintas di jalur jalur itu.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar