Dispar Kulon Progo selenggarakan Philantropy Tour 2018

id Kebun teh,Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo Kabupaten Kulon Progo, DIY. (FOTO ANTARA/Mamiek) (FOTO ANTARA/Mamiek/)

Kulon Progo (Antaranews Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Festival Langen Carito dan Philantropy Tour 2018 pada Agustus mendatang guna mendongkrak kunjungan wisata di wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulon Progo Niken Probo Laras di Kulon Progo, Minggu, mengatakan Festival Langen Carito akan digelar pada 11-12 Agustus dan Philantropy Tour 2018 dilaksanakan pada 22-25 Agustus.

"Philantropy Tour 2018 merupakan kegiatan wisata yang diperuntukkan bagi wisatawan dari Singapura yang akan berkurban di Kulon Progo, sedangkan Festival Langen Carito kegiatan tahunan bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan," kata Niken.

Ia mengatakan biasanya setiap Idul Adha, warga Singapura datang ke Kabupaten Kulon Progo untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban hasil sumbangan mereka.

Kemudian, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo meminta Dispar membuat kegiatan karena mereka yang datang ke Kulon Progo setelah menyaksikan penyembelihan hewan kurban di masjid yang ditunjuk, selanjutnya dibuatkan tour.

"Nanti Philantropy Tour 2018 akan dibuatkan paket-paket wisata, khususnya di kawasan Bukit Menoreh," katanya.

Niken mengatakan paket Philantropy Tour 2018, seperti pelatihan kesenian lengger tapen, membuat teh dan kopi yang dipetik sendiri, membuat kerajinan.

"Nanti mereka akan tinggal di homestay milik warga. Harapannya mendongkrak jumlah wisatawan dan perekonomian warga," katanya.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kulon Progo Yudono Hindriatmoko mengatakan Dispar bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan akan menyelenggarakan Festival Langen Carito 11-12 Agustus.

"Kegiatan Disbud ini bisa diorbitkan menjadi kegiatan berskala nasional. Kami akan menghadirkan pejabat dari Kementerian," katanya. 

(T.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar