49 kelompok meriahkan "Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018"

id Pelangi budaya bumi merapi

49 kelompok meriahkan "Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018"

Salah satu penampilan kelompok seni budaya pada pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018 di komplek Pemkab Sleman.(Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Sebanyak 49 kelompok seni budaya dan masyarakat mengikuti pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi 2018 yang diselenggaran Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, di kawasan komplek Pemkab Sleman, Minggu.
     
"Kegiatan pawai budaya Pelangi Budaya Bumi Merapi ini sebagai salah satu upaya mengangkat budaya dan pariwisata di wilayah Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih.
     
Menurut dia, rangkaian kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 13 dan14 Oktober 2018 dengan menampilkan beragam pertunjukan kesenian oleh sebanyak 49 kelompok yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
     
"Sejumlah pertunjukan tersebut dikemas dalam kegiatan pawai dimana setiap kelompok berarak berjalan menuju kawasan lapangan Denggung dan masing-masing kelompok menampilkan pertunjukan dengan durasi yang ditentukan," katanya.
     
Ia mengatakan, "Keberagaman dalam Kebersamaan" menjadi tema yang diusung dalam kegiatan Pelangi Budaya kali ini.
     
"Tema yang diusung tersebut relevan untuk menggambarkan Kabupaten Sleman yaitu wilayah dengan kebudayaan yang beragam. Keberagaman budaya yang ada di Sleman setidaknya dipengaruhi oleh banyaknya mahsiswa atau pelajar yang menetap di jogja dengan latar belakang beragam dan dari berbagai daerah," katanya.
     
Ia mengatakan, untuk itu, dalam kesempatan ini keberagaman tersebut diberikan wadah untuk memperkenalkan budayanya masing-masing.
     
"Dari 49 peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini (Pelangi Budaya Bumi Merapi) juga ada dari mahasiswa seperti Papua, Kalimantan Barat, Lampung dan lainnya. Mereka juga ingin unjuk kebolehan di Pelangi Budaya Bumi Merapi ini," katanya.
     
Dalam kegiatan pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi ini, para peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut mengambil rute start dari lapangan Tridadi menuju Lapangan Denggung. Kemudian diperkenankan display (pertunjukan). Kemudian berjalan melalui penggal Jalan Magelang hingga finish di Lapangan Pemda Sleman.
     
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang secara resmi membuka dan melepas seluruh kelompok yang mengikuti pawai Pelangi Budaya Bumi Merapi Tahun 2018 tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Dispar Sleman yang telah menyelenggarakan kegiatan Pelangi Budaya untuk yang ke-7 kalinya.
     
Melihat kegiatan tersebut, Sri Muslimatun menyebut tidak heran jika Kabupaten Sleman mendapat penghargaan di sektor pariwisata.
     
"Semakin tahun semakin berkembang, pesertanya semakin banyak, semakin beragam. Ini luar biasa, jadi kalau kita kemarin mendapatkan anugerah pariwisata terbaik se-Indonesia, itu wajar. Artinya ini sudah disambut oleh seluruh komponen masyarakat," katanya.
     
Sri Muslimatun menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan yang diselenggarakan setiap tahun ini mampu semakin mengangkat pariwisata di Kabupaten Sleman yang secara otomatis juga akan mengangkat perekonomian masyarakat Sleman.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024