Komisi A DPRD DIY: Satlinmas berperan cegah konflik pada Pemilu 2019

id Eko,Pdip

Komisi A DPRD DIY: Satlinmas berperan cegah konflik pada Pemilu 2019

Ketua Komisi A Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta, Eko Suwanto berbicara dalam acara "Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat" di Yogyakarta, Rabu. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Ketua Komisi A Fraksi PDI Perjuangan DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Eko Suwanto mengatakan Satuan Perklindungan Masyarakat (Satlinmas) di provinsi ini memiliki peranan penting mencegah konflik dan potensi pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Oleh karena itu kami harapkan semua Linmas di DIY kita harapkan berkoordinasi dan berkomunikasi secara intens dengan Babinkamtibmas dibawah koordinasi Polisi dan Babinsa dibawa koordinasi TNI, serta PPS dan Panwas tingkat Kelurahan masing-masing," kata Eko dalam acara "Sosialisasi Perda Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat" di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Eko, petugas Linmas memiliki kemampuan dalam membaca peta politik diwilayah masing-masing, apalagi mereka bertempat tinggal dilingkungan masyarakat sekitar TPS. 

"Satlinmas memiliki kemampuan membaca peta karawanan diwilayah masing masing, sehingga setiap potensi konflik yang ada dan kerawanan bisa segera dikoordinasikan dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, PPS, serta Pengawas Desa dan Kelurahan," kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini.

Eko mengatakan saat petugas Linmas menemukan pelanggaran pidana maka bisa segera melapor ke Polisi. Jika ada kerawanan atau ancaman terhadap NKRI seperti terorisme, intoleransi, dan lainnya bisa langsung melaporkan kepada TNI dan Polri. Sedangkan untuk pelanggaran Pemilu bisa melaporkan langsung ke Panwaslu atau Panwascam.

"Maka kami berharap kepada lurah atau kepala desa untuk berkenan memfasilitasi pertemuan dan koordinasi secara rutin kepada semua penyelenggara dan para Linmas untuk mencegah dan mendeteksi dini konflik dan potensi kerawanan yang ada saat Pemilu," kata Eko Suwanto.

Ia menambahkan, sebanyak 30.858 anggota Satlinmas DIY telah disiapkan untuk andil dan berperan penting, serta bertanggungjawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu 2019 di 11.780 TPS yang tersebar di 438 Kelurahan/Desa, dan 78 Kecamatan di DIY. 

"Linmas terbagi di setiap TPS bertugas dua orang, setiap kelurahan/desa 10 orang, setiap Kecamatan 37 orang, dan kabupaten/kota 100 orang. Alhamdulillah saya sudah mendengar kabar baik bahwa fasilitas Linmas termasuk honor saat bertugas di TPS, Kelurahan, Kecamatan dan Kota Yogyakarta sudah siap," kata dia.

Pada saatnya nanti, ia meyakini, anggota Satlinmas yang bertugas pada Pemilu akan mendapatkan hak kesejahteraannya.

DPRD dan Pemda DIY, kata dia, akan terus meningkatkan kualitas dan kesejahteraan Satlinmas  dengan memberikan pembekalan agar saat bertugas nanti bisa menjalankan tugas dengan baik.

"Prinsipnya Satlinmas harus disiplin laksanakan tugas dengan baik untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum selama pemilu berlangsung bersama Polri dan TNI serta Pemda dan KPU serta Bawaslu," ungkap Eko Suwanto yang maju kembali sebagai Caleg DPRD DIY Nomor urut 1 Dapil Kota Yogyakarta.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar