Pemkab Sleman sediakan "Counseling Corner" untuk ASN

id BKPP Sleman

Pemkab Sleman sediakan "Counseling Corner" untuk ASN

BKPP Sleman selenggarakan sosialiasasi Program Jaminan Kecelakaan dan Jaminan Kematian oleh PT TASPEN (Persero) dan sosialisasi "Counseling Corner'. (Foto Antara/Humas Sleman)

Sleman, Yogyakarta (ANTARA) - Badan Kepegawaian, Pelatihan, dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyediakan "Counseling Corner" atau program konseling khusus bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk menuhi hak-hak ASN.

"Antusiasme ASN menggunakan layanan tersebut cukup tinggi sejak 'Counseling Corner' didirikan pada 2011," kata psiokolog "Counseling Corner" BKPP Kabupaten Sleman Wirdatul Anisa di Sleman, Kamis.

Menurut dia, prosedur untuk mendapatkan pelayanan tersebut, ASN bisa datang langsung ke Ruang Counseling Corner BKPP Sleman atau jemput bola jika memang di OPD tersebut terdapat tiga orang atau lebih yang akan melakukan konseling.

"Awal dulu memang kebanyakan  jemput bola dan ada juga dari instansi untuk menugaskan karyawannya langsung ke sini. Tapi semakin lama semakin banyak yang tahu, ada juga yang mengajukan sendiri, telepon minta konseling," katanya.

Ia mengatakan, melalui program tersebut para ASN mendapatkan layanan konseling yang diharapkan dapat meminimalkan berbagai masalah yang dihadapi ASN sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki ASN,.

Kepala Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Karyawan BKPP Kabupaten Sleman Sri Wahyuni mengatakan, layanan tersebut dapat dimanfaatkan ASN Kabupaten Sleman dua kali dalam seminggu Selasa dan Kamis, mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.30 WIB bertempat di Ruang "Counseling Corner" Lantai III BKPP Kabupaten Sleman.

"ASN yang datang akan mendapatkan layanan konseling dari ahli di bidang psikolog. Layanan yang didapatkan meliputi konseling problematika, konseling pra-nikah, dan konseling pengembangan diri (karir)," katanya.

Menurut dia, PNS selaku manusia biasa, dalam hidupnya pasti mengalami masalah. "Dengan program tersebut diharapkan masalah internal dan eksternal dapat diselesaikan, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan yang prima kepada masyarakat," katanya.

Ia mengatakan perlu ada "Counseling Corner" tersebut karena banyak ASN yang mempunyai masalah di luar lingkup pekerjaan, namun mempengaruhi kinerja di kantor sehingga  konseling itu untuk mendorong kinerja tetap optimal.

"Supaya kinerja ASN tetap baik mendorongnya adalah lewat konseling ini. masalah apapun boleh dibicarakan di sini, bukan hanya terkait pekerjaan tapi bisa masalah keluarga, pengasuhan, konflik. Ini juga bisa sebagai pengembangan karir agar motivasinya terus meningkat," katanya.***3***

 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024