SMN 2019 - 20 siswa DIY lolos SMN 2019 akan diberangkatkan ke Riau

id SMN 2019,Seleksi,Yogyakarta

SMN 2019 - 20 siswa DIY lolos SMN 2019 akan diberangkatkan ke Riau

20 siswa SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dinyatakan lolos seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 berfoto bersama PIC dan Co-PIC SMN 2019 di Kantor Disdikpora DIY, Senin. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 20 siswa dari sekolah menengah atas (SMA)/sekolah menengah kejuruan (SMK) di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dinyatakan lolos seleksi Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 akan diberangkatkan ke Provinsi Riau pada 13 Agustus 2019.

Kegiatan SMN 2019 di DIY digelar oleh lima BUMN yakni PT PP (Persero) Tbk selaku PIC (Person In Charge) atau penanggungjawab, bersama PT TWC (Persero) PT Bahana (Persero), PT KBI (Persero) dan PT Primissima (Persero) sebagai Co-PIC.

"Secara umum semua siswa yang ikut seleksi tadi memiliki prestasi dan potensi yang bagus, tetapi kami memang harus memilih 20 siswa," kata Ketua PKBL PT PP (Persero) Panji Decca Dunianto selaku PIC SMN 2019 DIY di Kantor Disdikpora DIY, Senin.

Selain memiliki prestasi, tata krama, kecakapan, serta motivasi yang tinggi untuk ikut SMN 2019, menurut dia, siswa yang terpilih juga diprioritaskan dari latar belakang keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah.

"Tadi waktu saya wawancara pintar-pintar tapi banyak yang pengetahuan mengenai Indonesia-nya terbatas hanya di Yogyakarta saja. Banyak yang belum pernah ke luar Jawa atau provinsi lainnya," kata dia.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora DIY Isti Triasih menyampaikan terima kasih kepada lima BUMN penyelenggara SMN 2019 yang telah memilih 20 siswa SMA/SMK di DIY bersama 3 siswa SLB di DIY untuk memperluas wawasan mereka ke Provinsi Riau.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak BUMN yang telah memberikan kesempatan anak-anak kami mengenal Nusantara lebih luas lagi," kata dia.

Isti berharap seluruh siswa yang terpilih memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin dengan menggali berbagai pengetahuan di Provinsi Riau serta mampu mengenalkan potensi budaya dan pariwisata yang ada di Yogyakarta ke provinsi itu.

"Gunakan waktu 10 hari di sana, ambil apa yang anda lihat dan yang baik untuk dibawa pulang ke Yogyakarta dan sampaikan apa yang membanggakan dari Yogyakarta," kata Isti di hadapan 20 siswa yang lolos sebagai peserta SMN 2019.

Ridho Prabandaru (16) mengaku terharu dan senang bisa lolos sebagai peserta SMN 2019. Saat pengumuman, nama siswa kelas XI SMKN 7 Kota Yogyakarta ini sempat terlewat dan tak dipanggil oleh panitia.

"Tadinya sempat sedih pesimistis kok tidak dipanggil, tapi Alhamdulillah ternyata lolos. Sampai rumah nanti saya akan memeluk kedua orang tua saya," kata Ridho bersemangat.

Baca juga: 91 siswa di DIY ikut seleksi SMN 2019

Naik pesawat ke Provinsi Riau, bagi Ridho akan menjadi pengalaman pertama dalam hidupnya. Sampai di Riau, ia berkomitmen akan mengenalkan Yogyakarta. "Saya akan mengenalkan pariwisata, kuliner, tari-tarian dan lain-lain yang ada di Yogyakarta," kata dia.

Sebelum diberangkatkan ke Riau, para peserta SMN 2019 akan mendapatkan pembekalan berbagai materi mulai dari pengetahuan tentang BUMN, hingga pengetahuan dunia jurnaslistik (tulis, foto, video, dan media sosial).

Setelah memberangkatkan 20 siswa SMA/SMK dan 3 siswa SLB dari DIY ke Riau pada 13 Agustus, selanjutnya lima BUMN penyelenggara SMN di Yogyakarta akan menerima peserta dari Riau untuk mengikuti kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta pada 14 hingga 21 Agustus 2019.

Rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di DIY antara lain telah diawali dengan kegiatan Safari Ramadhan yang di dalamnya mencakup kegiatan Santuan Anak Yatim, serta pembagian Al-Quran.

Hadir dalam seleksi SMN 2019 di DIY, Ketua PKBL PT PP (Persero) Panji Decca Dunianto (PIC), perwakilan PT KBI Karlina Legiani (Co-PIC), CSR Officer PT PP Evi Sulfiany, perwakilan PT Bahana I Gede Suhendra (Co-PIC),  Manager PKBL Bambang Sarwo Eddy (Co-PIC), serta perwakilan PT Primissima Ruswadi (Co-PIC).