Ajax dan PSV bersaing ketat

id liga belanda,ajax,psv,az alkmaar,feyenoord,rkc waalwijk,fortuna sittard

Ajax dan PSV bersaing ketat

Kapten Ajax Dusan Tadic (kiri) bercengkerama dengan Daley Blind dalam sesi latihan. (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Persaingan antara Ajax dengan PSV Eindhoven sebagai dua tim teratas di klasemen masih mewarnai rangkaian jadwal Liga Belanda pekan kesembilan yang akan mulai bergulir pada Sabtu (5/10) dini hari WIB.

Kedua tim sama-sama mengumpulkan 20 poin hingga delapan pekan kompetisi berjalan dan hanya dipisahkan selisih gol saja, 21 milik Ajax dan 17 bagi PSV.

Ajax yang ada di puncak klasemen lebih dulu berkesempatan untuk mengamankan posisinya saat bertandang ke markas ADO Den Haag di Stadion Cars Jeans, pada Minggu (5/10) petang.

Sekira dua jam berselang, PSV akan memburu tiga poin kala menjamu VVV Venlo di Stadion Philips demi memberi tekanan lebih bagi Ajax.

Ajax masih ditopang kontribusi konsisten dari sang kapten Dusan Tadic dan Hakim Ziyech serta Donny van de Beek yang baru kembali dari cedera.

Sedangkan Mark van Bommel punya senjata baru dalam diri Ritsu Doan, talenta Jepang yang belakangan naik daun di dua laga terakhir baik dalam Liga Belanda maupun Liga Europa. Doan menambah opsi serangan PSV yang masih memiliki ketajaman Donyell Malen si pemborong lima gol dalam satu pertandingan.

AZ menanti di tikungan

Baik Ajax maupun PSV tak boleh lengah terkonsentrasi dengan persaingan antara keduanya saja, sebab AZ Alkmaar hanya terpaut satu poin dari keduanya dan kini menempati urutan ketiga.

Kendati baru keluar dari hasil mengecewakan lantaran cuma imbang nirgol melawan Manchester United di Liga Europa, tim besutan Arne Slot itu tengah berada dalam tren positif empat kemenangan beruntun di Liga Belanda.

Saat PSV menjamu VVV, AZ akan bertandang ke markas Willem II. Tiga poin bagi AZ jelas bakal memberikan tekanan lebih dalam peta persaingan awal musim sebelum Liga Belanda memasuki jeda dua pekan untuk jadwal pertandingan laga internasional.

Di sisi lain, Feyenoord juga memiliki tren positif dua kemenangan beruntun di semua kompetisi sebagai reaksi atas kekalahan perdana mereka di Liga Belanda kontra AZ pada dua laga sebelumnya.

Kemenangan atas FC Porto di Liga Europa menumbuhkan optimisme bahwa Jaap Stam perlahan menemukan ritme permainan yang ingin diperlihatkan Feyenoord.

Fortuna Sittard, tim yang masih berstatus nirkemenangan, bakal jadi lawan Feyenoord pada Minggu (5/10) malam kala markasnya didatangi Steven Berghuis dkk.

Tim lain yang juga belum pernah menang, RKC Waalwijk, berkesempatan mengubah nasibnya saat bertandang ke markas FC Groningen sebagai pembuka rangkaian jadwal Liga Belanda pekan kesembilan pada Sabtu (5/10) dini hari WIB.

Berikut jadwal Liga Belanda pekan kesembilan (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (5/10) dini hari
01.00 FC Groningen vs RKC Waalwijk

Sabtu (5/10) malam s.d. Minggu (6/10) dini hari
23.30 Heracles Almelo vs FC Emmen
00.45 Vitesse Arnhem vs FC Utrecht
00.45 Sparta Rotterdam vs FC Twente
01.45 SC Heerenveen vs PEC Zwolle

Minggu (6/10)
17.15 ADO Den Haag vs Ajax
19.30 Fortuna Sittard vs Feyenoord
21.45 PSV Eindhoven vs VVV Venlo
21.45 Willem II vs AZ Alkmaar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar