Adira Finance dorong pasar rakyat menjadi ruang publik

id adira finance, pasar rakyat

Adira Finance dorong pasar rakyat menjadi ruang publik

Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi (dua dari kiri) (HO-Adira Finance)

Yogyakarta (ANTARA) - Perusahaan pembiayaan Adira Finance menggelar Festival Pasar Rakyat di Pasar Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dalam rangka mendorong pasar rakyat menjadi ruang publik yang kreatif di mana mitra komunitas lokal sebagai motor penggerak.

"Festival Pasar Rakyat bertujuan untuk memberdayakan, mengedukasi masyarakat lokal khususnya di lingkungan pasar rakyat dan sekitarnya, serta turut melestarikan kesenian dan budaya daerah setempat," kata Direktur SDM dan Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi, Minggu.

Menurut dia, Festival Pasar Rakyat (FPR) merupakan program CSR Sahabat Lokal Adira Finance berkolaborasi dengan Yayasan Danamon Peduli yang didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Magelang dan komunitas lokal.

"Melalui FPR, kami bersama dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah, dan komunitas lokal di Kabupaten Magelang ingin meningkatkan pengetahuan serta partisipasi masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan potensi pasar yang tidak lagi hanya menjadi tempat transaksi jual beli semata, namun juga sebagai ruang publik yang kreatif," katanya.

Ia menjelaskan, FPR merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal yang diselenggarakan dalam rangka HUT Ke-29 Adira Finance. FPR diadakan di 5 lokasi di Indonesia yaitu Magelang, Bogor, Pontianak, Denpasar, dan Mataram.

FPR Magelang bertajuk "Terus Kumandhang & Pasar Gumregah" dilaksanakan di Pasar Salaman, Kabupaten Magelang pada 4-6 Oktober 2019. Kegiatan ini meliputi aksi sosial, aksi peduli lingkungan, lokakarya, literasi keuangan dan kriya (batik, wayang, topeng, kostum kesenian), lomba, bazaar, pameran, dan pertunjukan seni.

"Kegiatan yang melibatkan lebih dari 60 komunitas dari Forum Komunitas Seni Budaya Magelang ini juga berhasil menjaring sekitar 500 peserta, dan dihadiri lebih dari 2000 pengunjung," kata Swandajani.

Sebagai wujud dukungan terhadap kegiatan FPR Magelang 2019, Bupati Magelang Zaenal Arifin turut serta membuka kegiatan ini bersama dengan Direktur SDM dan Marketing Adira Finance SwandajaniGunadi, Head Of National NDC,Retention & Durable Adira Finance Antonius Danny Hendarko, Kepala Wilayah area Jawa Tengah Adira  Finance Irfan Budianto, Ketua Umum Yayasan Danamon Pedul iJenik Andreas dan Ketua Panitia FPR Magelang Andritopo Senjoyo.

Selain itu, Adira Finance akan mempersembahkan penghargaan khusus yaitu Pasar Rakyat Paling Mempesona, bagi pemerintah daerah dan komunitas lokal penyelenggara FPR yang mampu menampilkan potensi dan pesona pasar rakyat sebagai ruang publik yang edukatif dan kreatif, dengan mengajak keterlibatan masyarakat luas pada acara FPR.

"Terima kasih atas semangat dan totalitas rekan-rekan komunitas lokal Kabupaten Magelang, terhadap pelaksanaan FPR Magelang 2019 yang terbukti mampu menjadikan pasar rakyat sebagai panggung dan etalase kekayaan Kabupaten Magelang untuk disebarluaskan ke seluruh Indonesia," katanya.

"Ke depan, Adira Finance bersama Yayasan Danamon Peduli beserta dukungan Pemerintah Kabupaten Magelang dan komunitas lokal akan terus berproses untuk kembali menghidupkan geliat pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif," kata Swandajani.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar