Wabup Sleman : Pembangunan inklusi harus menjadi arus utama semua sektor

id Disabilitas,Wabup Sleman,Senam massal disabilitas,Sleman,Kabupaten Sleman

Wabup Sleman : Pembangunan inklusi harus menjadi arus utama semua sektor

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun ikut dalam kegiatan senam massal dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 di Lapangan Pandowoharjo, Sleman. Foto ANTARA/HO/ Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun menyebutkan pembangunan inklusi harus menjadi arus utama dan terintegrasi di semua sektor pembangunan dan melibatkan penyandang disabilitas sebagai pelaku dan penerima manfaat pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Sri Muslimatun saat menghadiri senam massal bersama penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 yang diselenggarakan Dinas Sosial Kabupaten Sleman di Lapangan Pandowoharjo, Sleman, Jumat.

Menurut dia, peringatan HDI 2019 mengambil tema "Indonesia Inklusi Disabilitas Unggul".

"Tema yang diusung tersebut merupakan sebuah cita-cita besar bangsa Indonesia yang benar-benar inklusif. Setara semua pihak, semua golongan, termasuk penyandang disabilitas," katanya.  Di Indonesia disabilitas dapat memperoleh kesempatan yang sama.

"Peringatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas, memberikan dukungan untuk meningkatkan kemampuan serta kesejahteraan difabel," katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Eko Suhargono mengatakan bahwa Pemkab Sleman menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam peringatan HDI 2019.

"Selain senam, kami juga mengadakan seminar untuk teman-teman penyandang disabilitas. Sedangkan puncak acara HDI di selenggarakan di Kabupaten Gunung Kidul," katanya.

Menurut dia, Pemkab Sleman juga memberikan berbagai pelatihan bagi penyandang disabilitas seperti pelatihan printing, boga dan MC Bahasa Jawa.

"Ini kami selenggarakan untuk memberikan kesempatan pada penyandang disabilitas agar lebih berdaya menjadi sumber daya manusia yang unggul," katanya.
Penyandang Disabilitas di Sleman mengikuti bsenam massal dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019 di Lapangan Pandowoharjo, Sleman. Foto Antara/HO/ Humas Sleman
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024