51 Panwascam Pilkada Kabupaten Sleman dilantik

id Panwascam Sleman,Bawaslu Sleman,Kabupaten Sleman,Pilkada Sleman

51 Panwascam Pilkada Kabupaten Sleman dilantik

Sebanyak 51 anggota panwascam Pilakda Sleman 2020 resmi dilantik. (Antara/HO-Humas Pemkab Sleman)

Sleman (ANTARA) - Sebanyak 51 Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020 resmi dilantik, Senin.

Pelantikan 51 Panwascam dilakukan Kepala Bawaslu Kabupaten Sleman Karim Mustofa di hadapan sejumlah pejabat instansi di wilayah Pemerintah Kabupaten Sleman.

"Seluruh Panwascam yang dilantik, sebelumnya harus melalui proses yang cukup panjang dengan mengikuti tiga tahapan seleksi seperti seleksi administrasi, seleksi tulis, seleksi wawancara serta, masukan masyarakat terkait jejak rekam dan integritas masing-masing pendaftar," kata Karim Mustofa.

Menurut dia, ke 51 Panwascam yang dilantik berasal dari 17 Kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman dengan presentase laki-laki berjumlah 39 orang dan perempuan berjumlah 12 orang.

"Seluruh anggota panwascam akan mulai bertugas sejak dilakukan pelantikan," katanya.

Sementara saat ini, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman tahun 2020 telah memasuki tahapan sosialisasi pemilihan dan akan disusul dengan tahapan-tahapan selanjutnya.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sleman Hery Dwi Kuryanto mengatakan sejak dilantik, seluruh anggota panswascam memiliki tanggung jawab, hak dan kewajiban sebagai ujung tombak dalam melakukan pengawasan pemilu di wilayah masing-masing kecamatan.

"Mulai hari ini sudah resmi menjadi anggota panwascam memiliki tanggung jawab, hak dan kewajiban yang harus diimplementasikan bersama dalam mengawal penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman agar berjalan lancar dan aman," katanya.

Ia berharap seluruh anggota panwascam untuk dapat menjaga integritas dan independensinya dalam melaksanakan tugasnya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024