Celta ganggu laju Barcelona dalam perburuan juara Liga Spanyol

id barcelona,celta vigo,liga spanyol,luis suarez,iago aspas,fedor smolov

Celta ganggu laju Barcelona dalam perburuan juara Liga Spanyol

Para pemain Celta Vigo merayakan gol kedua mereka ke gawang Barcelona dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Balaidos, Vigo, Spanyol, Sabtu (27/6/2020). (ANTARA/REUTERS/Miguel Vidal)

Hasil itu untuk sementara mengangkat posisi Barcelona ke puncak klasemen dengan koleksi 69 poin, tetapi Real Madrid (68) bisa menyalip jika memenangi pertandingannya pada Minggu (28/6) waktu setempat (Senin WIB).
Jakarta (ANTARA) - Celta Vigo mengganggu laju Barceloa dalam perburuan juara Liga Spanyol musim ini setelah menahan imbang tamunya itu dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Balaidos, Minggu.

Kapten Celta, Iago Aspas mencetak gol dua menit jelang bubaran waktu normal untuk menghapus keunggulan yang sempat dimiliki Barcelona sejak menit ke-67.

Hasil itu untuk sementara mengangkat posisi Barcelona ke puncak klasemen dengan koleksi 69 poin, tetapi Real Madrid (68) bisa menyalip jika memenangi pertandingannya pada Minggu (28/6) waktu setempat (Senin WIB).

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid dan Barcelona bersaing ketat

Sebaliknya, bagi Celta (34) satu poin penting yang mereka petik dari laga kontra Barcelona, membuat mereka memegang keunggulan enam poin dari zona degradasi, menempati urutan ke-16, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Enam menit laga berjalan, Barcelona hampir membuka keunggulan lewat situasi sepak pojok tapi sundulan Gerard Pique membentur mistar gawang.

Kemelut terjadi di depan gawang Celta dari sepak pojok Messi pada menit ke-10, ketika kiper Ruben Blanco tak bisa melakukan antisipasi di bawah tekanan Luis Suarez, bola disodorkan Arturo Vidal tetapi penyelesaian Ricard Puig malah melenceng dari sasaran.

Barcelona akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-20 lewat situasi bola mati. Alih-alih menerkam sendiri tendangan bebas, Messi mengirim umpan silang kepada Suarez yang berdiri cukup bebas untuk menanduk bola ke gawang tuan rumah.

Baca juga: Athletic Bilbao menundukkan Mallorca 3-1

Dua menit berselang giliran lini pertahanan Barcelona yang kedodoran, ketika umpan kiper Marc-Andre ter Stegen bisa dipotong tetapi tembakan Fedor Smolov tidak bersih dan bola muntah yang berusaha disambar Aspas ditemui aksi gemilang penjaga gawang Jerman itu membayar kesalahannya.

Ter Stegen kembali memperlihatkan kelasnya ketika ia menggagalkan peluang Brais Mendez dan membenturkan bola ke tiang gawang, tembakan susulan dilakukan oleh Aspas dan lagi-lagi Ter Stegen melakukan penyelamatan.

Keunggulan Barcelona raib lima menit memasuki babak kedua ketika Okay Yokuslu mengirimkan umpan tarik nan matang untuk diselesaikan dengan baik oleh Smolov, menaklukkan Ter Stegen dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Valencia tersungkur

Setelah terus menekan barisan pertahanan tuan rumah, Barcelona sukses merestorasi keunggulan lewat gol kedua Suarez yang tampil klinis setelah menerima umpan dari Messi pada menit ke-67.

Pada menit ke-80, Celta hampir menyamakan kedudukan lewat aksi tusukan Nolito yang diselesaikan dengan baik tetapi Ter Stegen tampil gemilang lagi untuk menepis bola.

Tuan rumah selanjutnya terus menggempur pertahanan Barcelona hingga akhirnya memperoleh peluang bagus tak jauh dari kotak penalti setelah Pique menjatuhkan Rafinha.

Bola mati dihadapi oleh Aspas yang melepaskan tendangan melengkung yang meninggalkan Ter Stegen mati langkah demi mengubah skor menjadi imbang 2-2.

Baca juga: Zidane menginginkan Sergio Ramos pensiun di Real Madrid

Bahkan pada menit kelima injury time Nolito berpeluang untuk memenangkan pertandingan bagi tuan rumah ketika memperoleh umpan di muka gawang, tapi tembakannya terlalu lemah dan mudah dijinakkan oleh Ter Stegen.

Tetapi tentu Celta patut berpuas dengan satu poin yang mereka raih susah payah demi memperbesar asa menghindari degradasi musim ini.

Celta akan memainkan lebih dulu laga pekan ke-33 mereka dengan bertandang ke markas Mallorca pada Selasa (30/6) waktu setempat (Rabu WIB, sedangkan Barcelona bakal menjamu Atletico Madrid di Camp Nou beberapa jam berselang.

Susunan pemain:

Celta Vigo (3-5-2): Ruben Blanco; Joseph Aidoo, Nestor Araujo (Jeison Murillo), Jorge Saenz; Kevin Vazquez, Brais Mendez (Filip Bradaric), Okay Yokuslu (Rafinha), Denis Suarez, Jacobo Gonzalez (Santi Mina); Iago Aspas, Fedor Smolov (Nolito)
Pelatih: Oscar Garcia

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba (Junior Firpo); Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Ricard Puig (Arthur Melo); Lionel Messi, Luis Suarez (Antoine Griezmann), Ansu Fati (Martin Bratihwaite)
Pelatih: Quique Setien
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024