Petrokimia Gresik meraih penghargaan Transformasi Organisasi Terbaik

id petrokimia gresik,penghargaan

Petrokimia Gresik meraih penghargaan Transformasi Organisasi Terbaik

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi usai menerima trofi penghargaan pada ajang Anugerah BUMN 2020 (HO-Humas PG)

Yogyakarta (ANTARA) - Petrokimia Gresik meraih dua penghargaan tingkat nasional dalam ajang Anugerah BUMN 2020, yakni Juara I Transformasi Organisasi Terbaik dan Juara II Pengembangan SDM Unggul Terbaik dalam kategori Anak Perusahaan BUMN.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Minggu, mengatakan bahwa perusahaan sudah menjalankan program transformasi bisnis sejak 2019. Sasarannya adalah menjadi perusahaan solusi agroindustri untuk pertanian berkelanjutan.

"Untuk mencapai sasaran tersebut, salah satu cara yang kami tempuh adalah dengan melakukan transformasi organisasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia," kata Rahmad usai menerima penghargaan di Jakarta, Kamis (9/7) malam.

Ia menjelaskan transformasi bisnis Petrokimia Gresik merupakan burning platform bagi insan Petrokimia Gresik untuk keluar dari zona nyaman. Di mana transformasi ini berfokus pada perbaikan rantai pasok dan perubahan paradigma, yakni dari "product driven" menjadi "market driven".

"Dengan paradigma baru ini, kami dituntut untuk lebih berorientasi pada pasar, sehingga produk atau layanan yang kami hasilkan sesuai dengan kebutuhan konsumen," kata Rahmad.

Ia mengemukakan bahwa program transformasi bisnis tahun 2019 ini sudah mulai memperlihatkan hasil, di antaranya mengantarkan Petrokimia Gresik meraup laba bersih (audited) sebesar Rp1,5 triliun atau 129 persen dari target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019 yang ditetapkan sebesar Rp1,16 triliun.

Transformasi juga menjadikan produk komersial Petrokimia Gresik berdaya saing hingga pasar global. Terbukti pada tahun 2019, Petrokimia Gresik mampu memecahkan rekor ekspor terbesar sepanjang sejarah perusahaan (392 ribu ton).

"Transformasi telah mengubah seluruh 'value chain' pada tahapan paling efisien, sehingga produk-produk Petrokimia Gresik diharapkan dapat menjadi 'market leader' dan 'dominant player' di sektor agroindustri," katanya.

Rahmad memastikan transformasi ini akan terus dijalankan, tetapi tidak sebatas menjadi "burning platform", melainkan sudah menjadi katalisator Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia.

Untuk itu, pada tahun 2020 ini Petrokimia Gresik akan bertransformasi dari "single industry firm" menjadi "related diversified industry" dengan meneruskan hilirisasi produk, melalui 3 strategi, yakni peningkatan kapasitas, rekonfigurasi pabrik, dan pengembangan produk baru.

"Transformasi ini tidak sekadar untuk meraih penghargaan, jika ada penghargaan itu adalah bonus. Namun, transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan mendukung sistem agrikultur terintegrasi yang didesain untuk masa depan perhatian Indonesia yang juga merupakan masa depan perusahaan," katanya.

Anugerah BUMN 2020 merupakan ajang apresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul serta mampu bersaing di tingkat nasional dan global pada tahun 2019. 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri sekaligus Menteri BUMN tahun 1998-1999 Tanri Abeng, dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dari ajang ini salah satunya adalah untuk mendorong penguatan tata kelola perusahaan BUMN.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam proses penjurian, para dewan juri menemukan bahwa kondisi BUMN saat ini sudah jauh lebih baik dan terstruktur.

"BUMN yang kami temui pada dasarnya memilik banyak kemampuan, namun kami memilih perusahaan BUMN yang memiliki keunggulan dari setiap kemampuan tersebut," kata Tanri.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024